Rudiantara Ditunjuk jadi Dirut PLN, Ini Dia Sepak Terjangnya

Rudiantara ditunjuk menjadi Dirut PLN dan disebut Luhut Binsar Pandjaitan sebagai keputusan yang sangat tepat (Rian Alfianto/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Inilah Profil Rudiantara, Direktur Utama PLN yang baru saja terpilih. Rudiantara bukanlah orang baru di lingkungan perusahaan BUMN, apalagi PLN.

Pemilihan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang akrab disapa Chief tersebut sebagai Direktur Utama PLN bisa diibaratkan pulang kampung.

Rudiantara merupakan pria kelahiran Bogor, 3 Mei 1959. Dia memulai pendidikan tinggi di Universitas Padjadjaran, Jurusan Statistika, dan meraih gelar sarjana pada 1984.

Kemudian Rudiantara melanjutkan ke IPPM (Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen) yang sekarang bernama PPM School of Management, dan meraih MBA pada tahun 1988.

Chief memulai karier pada 1996 silam di Indosat sebagai General Manager (GM) Business Development.

Dia juga pernah menjadi Chief Operating Officer (COO) PT Telekomindo Primabhakti sejak 1996 dan menduduki beberapa jabatan eksekutif selama 11 tahun di Indosat dan Telkomsel hingga 2006.

Dia lalu menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Semen Gresik (Persero), Presiden Direktur dan CEO PT Bukit Asam Transpacific Railways, dan PT Rajawali Asia Resources.

Dia pernah menjadi Wakil Presiden Direktur PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sejak 2008.

Karirnya kemudian berlanjut dengan menjabat sebagai Direktur Hubungan Korporat PT XL Axiata Tbk dari Maret 2005 hingga 2008.

Terakhir, ia menjadi sebagai Presiden Komisaris PT Rukun Raharja sejak 11 Juni 2014, sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Menkominfo pada Kabinet Indonesia Kerja periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...