Sanna Marin, PM Cantik dan Termuda di Dunia

0 Komentar

Sanna Marin menjadi Perdana Menteri termuda Finlandia dan dunia dalam usia 34 tahun (Reuters)

FAJAR.CO.ID — Sejarah tercipta di Finlandia. Seorang perempuan bernama Sanna Marin menjadi perdana menteri termuda di negara tersebut. Tak hanya di Finlandia, Marin juga merupakan perdana menteri termuda di dunia. Seperti dilansir dari Reuters, Marin resmi menjadi perdana menteri pada Senin (9/12) dalam usia 34 tahun.

Marin dilahirkan di Helsinki pada 16 November 1985. Dia akan resmi berkantor pada Selasa (10/12) besok.

Marin yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Transportasi dipilih oleh Partai Sosial Demokrat untuk mengambil alih kursi perdana menteri setelah Perdana Menteri Antti Rinne mengundurkan diri. Rinne awal pekan ini mundur dari jabatannya setelah anggota koalisi Partai Pusat mengaku pihaknya telah kehilangan kepercayaan padanya menyusul penanganan aksi mogok massa. Hal itu dipicu rencana untuk memotong upah ratusan pekerja pos yang mengakibatkan pemogokan yang meluas.

“Ke depan kami memiliki banyak pekerjaan untuk kembali membangun kepercayaan,” sebut Marin kepada awak media seperti dilansir Reuters. “Kami mempunyai program pemerintah bersama untuk merekatkan koalisi,” imbuhnya.

Koalisi yang baru dilantik enam bulan lalu, sepakat melanjutkan program dari Rinne yang mundur atas permintaan Partai Pusat.

Marin menjadi perdana menteri termuda di dunia. Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, berusia 39 tahun. Sementara Perdana Menteri Ukraina, Oleksiy Honcharuk berusia 35 tahun.

Marin dibesarkan dalam keluarga pelangi yang tidak begitu terkenal. Dia tinggal di apartemen sewaan bersama ibunya. Marin mengatakan kepada Menaiset (situs dalam bahasa Finlandia) pada 2015, bahwa sebagai seorang anak dia merasa tidak terlihat karena tak bisa bicara secara terbuka tentang keluarganya.

Tetapi, Marin mengatakan ibunya selalu mendukung dan membuatnya percaya bisa melakukan apa saja yang dia inginkan. Marin adalah orang pertama di keluarganya yang mengenyam pendidikan di universitas.

Bersama Partai Sosial Demokrat, karir politik Marin melesat cepat. Dia bekerja di administrasi pemerintahan kota di Tampere pada usia 27 dan menjadi anggota parlemen pada 2015. Marin menjadi Menteri Transportasi dan Komunikasi sejak Juni dan dia memiliki seorang putri berusia 22 bulan.

Dengan usianya yang masih tergolong muda, tak pelak banyak yang meragukan kapasitasnya. Namun, dia menepis pertanyaan tentang usianya. “Saya tidak pernah memikirkan umur atau jenis kelamin saya. Saya memikirkan alasan saya terjun ke dunia politik dan hal-hal yang membuat kami mendapat kepercayaan dari pemilih,” sebutnya.

Perlu diketahui, Marin menjadi perdana menteri perempuan ketiga di Finlandia. Dia mengikuti jejak Anneli Jäätteenmäki dan Mari Kiviniemi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...