Sanna Marin, PM Cantik dan Termuda di Dunia

Sanna Marin menjadi Perdana Menteri termuda Finlandia dan dunia dalam usia 34 tahun (Reuters)

FAJAR.CO.ID -- Sejarah tercipta di Finlandia. Seorang perempuan bernama Sanna Marin menjadi perdana menteri termuda di negara tersebut. Tak hanya di Finlandia, Marin juga merupakan perdana menteri termuda di dunia. Seperti dilansir dari Reuters, Marin resmi menjadi perdana menteri pada Senin (9/12) dalam usia 34 tahun.

Marin dilahirkan di Helsinki pada 16 November 1985. Dia akan resmi berkantor pada Selasa (10/12) besok.

Marin yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Transportasi dipilih oleh Partai Sosial Demokrat untuk mengambil alih kursi perdana menteri setelah Perdana Menteri Antti Rinne mengundurkan diri. Rinne awal pekan ini mundur dari jabatannya setelah anggota koalisi Partai Pusat mengaku pihaknya telah kehilangan kepercayaan padanya menyusul penanganan aksi mogok massa. Hal itu dipicu rencana untuk memotong upah ratusan pekerja pos yang mengakibatkan pemogokan yang meluas.

“Ke depan kami memiliki banyak pekerjaan untuk kembali membangun kepercayaan,” sebut Marin kepada awak media seperti dilansir Reuters. “Kami mempunyai program pemerintah bersama untuk merekatkan koalisi,” imbuhnya.

Koalisi yang baru dilantik enam bulan lalu, sepakat melanjutkan program dari Rinne yang mundur atas permintaan Partai Pusat.

Marin menjadi perdana menteri termuda di dunia. Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, berusia 39 tahun. Sementara Perdana Menteri Ukraina, Oleksiy Honcharuk berusia 35 tahun.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...