Sekolah Pengantin Diikuti Peserta WN Turki Zekai Kayacan

FAJAR.CO.ID, POLEWALI – – Program Sekolah Pengantin adalah pembelajaran singkat terkait strategi keluarga sehat, di antaranya soal pemahaman mengindari stunting (gizi buruk) pada anak kembali digelar Pemkab Polman selama dua hari, 9-10 Desember.

Kegiatan yang dilaksanakan bidang sosial Balitbangren Kabupaten Polewali Mandar (Polman), bekerjasama Kementerian Agama Polman kali ini diikuti peserta berkewarganegaraan Turki, Zekai Kayacan (52) yang akan menikahi Reskiati (45) yang beralamat Jl Kartini Lr Mesjid Takwa Tanto Barat, Polman.

Zekai sendiri adalah duda empat anak yang bekerja di Instanbul Metropolitan Municipalty, Turki. Ia menyampaikan kesan tentang Sekolah Pengantin ini sangat bagus. Hal sama juga dilakukan di Turki hanya jumlah waktunya berbeda yakni sampai satu pekan. “Tujuan utama kegiatan ini penting untuk memberikan pemahaman kepada calon pengantin/pasangan suami istri tentang cinta, hormat, kepercayaan dan toleransi,” kara Zekai seperti yang ditranslate calon istrinya, Reskiati, siang tadi.

Hal ini juga disebut sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan pelayanan dasar menuju masyarakat sejahtera. Tak kalah pentingnya kegiatan ini syarat inovasi dan kolaborasi. “Karenanya ini harus berkelanjutan dan berkesinambungan khususnya di wilayah Polman dan Provinsi Sulbar pada umumnya,” bebernya.

Setelah menikah, Zekai sendiri akan kembali ke Turki dan sang istri tetap berkewarganegaraan Indonesia meski ikut suami. Kegiatan ini dibuka Asisten I Pemkab Polman mewakili bupati, dihadiri perwakilan Kepala Kemenag Polman, Mastura, S.Hi dan Kepala KUA Kecamatan Polewali Mandar Abd Haris Nawawi, S.Ag, S.pd, M.Pd.i.

Adapun narasumber berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, Dinas PUPR, DLHK, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kemenag, Dinas Permukiman, IBI dan tokoh masyarakat. (nur/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...