Sering Mengantuk Meski Sudah Cukup Tidur, Ini 5 Penyebabnya

Ilustrasi mengantuk. Foto: Meetdoctor

FAJAR.CO.ID — Umumnya, orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malam. Hal ini bertujuan agar energi tubuh bisa kembali pulih. Ini supaya tubuh lebih bugar untuk digunakan beraktivitas esok hari.

Meski begitu, ada juga orang yang masih sering mengantuk walaupun sudah cukup tidur. Anda salah satunya?

Sering mengantuk meski sudah cukup tidur memang merupakan bagian gangguan kesehatan yang juga bisa terjadi pada siapa saja.

Beberapa gangguan kesehatan yang menjadi penyebab sering mengantuk meski sudah cukup tidur, di antaranya sebagai berikut.

Hipersomnia

Ini adalah gangguan tidur yang merupakan kebalikan dari insomnia. Pengidap hipersomnia cenderung kesulitan untuk membuka mata saat waktu bangun tidur tiba.

Dalam kasus ini, pengidap hipersomnia bahkan bisa mengantuk meski sedang berkendara atau melakukan kesibukan lainnya.

Beberapa gejala yang bisa mempertegas bahwa Anda mengalami hipersomnia, misalnya sering tertidur di siang hari dan Anda tidak merasa segar setelahnya.

Tidur secara tiba-tiba, bahkan saat sedang berbicara. Durasi waktu tidur malam tidak terganggu meski siangnya telah banyak tidur.

Narkolepsi

Narkolepsi adalah penyakit tidur kronis yang ditandai dengan rasa mengantuk berlebih pada siang hari. Mirip dengan hipersomnia, pengidap penyakit ini akan kesulitan untuk mempertahankan ‘kesadaran’ dirinya dalam kondisi apapun.

Komentar

Loading...