Sudah Dialokasikan Anggaran Rp199 Juta, Proyek Rabat Beton di Jalan Pisang Desa Assorajang Wajo Hilang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Warga Dusun Empagae Desa Assorajang Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo resah. Proyek rabat beton sudah diperjuangkan di Musrembang hilang.

Hal itu diutarakan diutarakan langsung oleh salah satu anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Assorajang, Sayyid Agus Salim. Kata dia, hingga akhir tahun 2019 ini, jalan pisang di Empagae hasil aspirasi masyarakat tak kunjung dikerja.

“Saya sudah cek bersama Pak Kades (Andi Samanrukka, red), betul telah alokasikan anggaran tahun 2019 ini. Tetapi sekarang sudah akhir tahun, belum ada tanda-tanda pekerjaan,” ujarnya, Minggu, 8 Desember.

Agus sapaannya, akses itu sangat penting untuk masyarakat. Utamanya bagi santri-santri dari Pondok Pesantren Nurul As’adiyah. Olehnya diperlukan peningkatan jalan.

“Makanya sejak 2016 kami warga sekitar selalu perjuangankan itu setiap Musrembang ditingkat desa dan kecamatan, tapi kami heran ada anggarannya tapi belum dikerja,” keluhnya.

Sementara, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Jasa Konstruksi, dan Penataan Ruang Wajo, Andi Abdul Mukharis membenarkan, telah mengalokasikan anggaran pembangunan rabat beton untuk jalan pisang di APBD pokok 2019. Nilainya, Rp199.497.000.

“Kalau sudah tertib Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), artinya proyek itu sudah berjalan. Kalau jalan pisang sementara berjalan dek,” akuinya.

Berdasarkan DPA, lanjut Mukharis, pembangunan rabat beton jalan pisang Desa Assorajang, pelaksanaannya mulai 14 Oktober sampai 12 Desember 2019 dan dikerjakan oleh CV. Budi Utama.

“Itu proyek volumenya 133 meter X 4,1 meter + 1 unit duiker,” sebutnya.

Berdasarkan pantau FAJAR.CO.ID di jalan pisang. Sama sekali belum ada tanda pengerjaan dilokasi ini. Tidak ada material ataupun peralatan proyek.

Terkait hal itu, ia segera menelusuri hilangnya proyek pembangunan rabat beton jalan pisang berlokasi di Dusun Empagae Desa Assorajang. (man)

Ketgam : Jalan pisang di Dusun Empagae Desa Assorajang Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo belum dilakukan pembangunan rabat beton. Padahal telah dialokasikan anggaran di APBD Pokok tahun ini. (FOTO : IMAN SETIAWAN P/FAJAR)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...