Bicara dengan Relasi, Lepaskan Gawai

Trainer Marketing (dari kiri), Nur Fadny Yuliani, Lukman, Lina Mariana, dan Siswati Rahman dalam Workshop “Etika dan Sharing Strategi Marketing Online-Offline” di Graha Pena, Selasa,10 Desember. FOTO: DOK.FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Berkomunikasi dengan relasi bisnis, butuh etika yang memikat. Masing-masing harus saling menjaga pola interaksi yang komunikatif. Namun, kadang-kadang gawai (handphone) di tangan  mengganggu kesantunan.

Wejangan ini disampaikan Nur Fadny Yuliani dalam materinya di workshop marketing Fajar, Selasa, 10 Desember 2019.  Dosen Politeknik Informatika Nasional Makassar ini menguraikan pola-pola interaksi yang harus dijaga ketika menemui relasi.

Pembicara lainnya, Lukman, memaparkan tentang strategi marketing yang harus dilandasi keikhlasan. Menurut Activate Asia (Microsoft Indonesia) sebagai trainer product pada 2017-2018 ini,  banyak pengalaman di lapangan yang tidak didapatkan dalam teori-teori marketing. Oleh karena itu, sharing pengalaman memang perlu dilakukan untuk mendiskusikan kendala-kendala marketing.

“Yang tak kalah pentingnya dalam dunia marketing adalah ‘relationship’ yang baik dengan user. Setiap user perlu treatment yang berbeda,” kata  Lukman yang juga VST ECS Indo sebagai channel sales distribution tersebut.  

Trainer Marketing, Lina Mariana, mempertegas perlunya berkolaborasi dengan relasi sebagai strategi marketing pada era 4.0. “Tahun 2020, persaingan global semakin ketat. Penguasaan teknologi adalah hal mutlak untuk bertarung di tengah zaman yang makin kompleks itu,” kata dosen Manajemen Politeknik Informatika Nasional ini didampingi trainer lainnya, Siswati Rahman. (bas) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...