Desain Artistik, Ini Wajah Stadion Andi Mattalatta

Selasa, 10 Desember 2019 10:34

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), kata dia, sudah merespons dengan memasukkan rencana pembangunan ini sebagai agenda nasional. “Begitupun dengan Kemenpora, mereka merespons positif dan siap suport rencana ini. Kami juga mengajukan yang sama ke Kementerian PUPR,” tambahnya.

Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Yuni Poerwanti belum bisa memastikan apakah ada anggaran untuk pembangunan stadion tersebut. “Saya akan pastikan dulu di asdep-asdep (asisten deputi, Red),” bebernya.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel Muhlis mengatakan desain ini belum bersifat final. Akan tetapi, ini akan menjadi acuan untuk kemudian disempurnakan pada 2020 mendatang.

“Nantinya tetap akan kami lelang. Tetapi sebagai awal, ada acuan sebagai desain awal. Kami kerja sama dengan ahli yang memang profesional untuk desain rancang bangun stadion,” bebernya.

Dia pun berharap, stadion tersebut dibangun dengan melibatkan perusahaan setara BUMN. Bukan lagi kontraktor yang baru belajar. “Kami tak ingin setengah-setengah. Jangan sampai ada masalah. Harus yang berpengalaman,” tambahnya.

Warna Makassar

Arsitek yang juga desainer awal renovasi Stadion Andi Mattalatta, Yori Antar mengatakan, konsep modern memang dia tonjolkan dalam desainnya. Hanya saja, dia ingin unsur lokal Sulsel tetap tersisip.

Misalnya, dari segi warna, ada warna merah di semua bangku-bangku penonton. Begitu pun di bagian luar stadion. “Warna itu melambangkan warna kebesaran PSM Makassar. Di samping, ada perpaduan warna lain,” bebernya.

Bagikan berita ini:
5
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar