Desain Artistik, Ini Wajah Stadion Andi Mattalatta

Selasa, 10 Desember 2019 10:34

Dia pun berharap, stadion tersebut dibangun dengan melibatkan perusahaan setara BUMN. Bukan lagi kontraktor yang baru belajar. “Kami tak ingin setengah-setengah. Jangan sampai ada masalah. Harus yang berpengalaman,” tambahnya.

Warna Makassar

Arsitek yang juga desainer awal renovasi Stadion Andi Mattalatta, Yori Antar mengatakan, konsep modern memang dia tonjolkan dalam desainnya. Hanya saja, dia ingin unsur lokal Sulsel tetap tersisip.

Misalnya, dari segi warna, ada warna merah di semua bangku-bangku penonton. Begitu pun di bagian luar stadion. “Warna itu melambangkan warna kebesaran PSM Makassar. Di samping, ada perpaduan warna lain,” bebernya.

Desain awal yang dia tawarkan adalah model stadion dengan tribune yang mengelilingi area penonton. Konsepnya lima lantai, dengan dua tingkatan tribune. Tampak megah sebagai stadion berstandar internasional.

Konsep ini tak dicaploknya dari stadion lain baik di luar atau dalam negeri. Melainkan karya alaminya, melihat kondisi stadion saat ini. Hanya saja apa yang dia hasilkan sekarang, diakuinya belum final. Pasalnya konsep ini butuh biaya besar. “Semua masih bisa berubah kok. Karena ini butuh dana besar. Tergantung nantinya, butuh satu tingkatan tribune atau dua tingkatan. Menyesuaikan kondisi dan anggaran yang ada,” jelasnya.

Dia pun mengaku, terlibat dalam tim desain saat renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno. “Nanti saya akan datang lagi ke Makassar melihat lagi kondisi stadion saat ini. Karena apa yang ada sekarang belum final,” tambahnya.

Bagikan berita ini:
3
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar