Inilah Proses Penyembuhan Pasca Serangan Jantung

ilustrasi

FAJAR.CO.ID — Serangan jantung masih menjadi momok di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Seseorang yang telah mengalami serangan jantung tentu tidak menginginkan serangan lainnya terjadi. Di sisi lain, Anda perlu tahu proses penyembuhan pasca serangan jantung.

Dalam dunia medis, serangan jantung disebut dengan sindrom koroner akut. Pembuluh darah itu bertugas memberi asupan oksigen di dalam jantung untuk tetap dalam kondisi baik.

“Sindrom koroner akut adalah keadaan di mana terjadi penyumbatan di pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung. Sumbatan di pembuluh darah disebabkan oleh beberapa faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, diabetes, merokok, obesitas, dan kelainan lipid darah. Aliran darah yang tidak optimal ke jantung akan menyebabkan kerusakan jaringan jantung,” ujar dr. Melyarna Putri dari KlikDokter.

Gejala serangan jantung umumnya adalah seperti keluhan nyeri dada kiri yang menjalar ke tangan kiri, sesak napas, keringat dingin, dan perasaan seperti tercekik. Kondisi ini memerlukan penanganan cepat, terlambatnya penanganan dapat menyebabkan kematian.

Proses penyembuhan pasca serangan jantung

Proses penyembuhan setelah serangan jantung dinamakan rehabilitasi jantung. Rehabilitasi jantung bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan kualitas hidup agar dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari, meningkatkan kepercayaan diri, dan mencegah serangan jantung berulang.

Rehabilitasi jantung ini tidak hanya untuk pasien dengan penyakit jantung koroner, tapi juga diperlukan oleh pasien dengan gagal jantung dan pascaoperasi jantung.

Komentar

Loading...