Nyeri dan Radang Sendi, Obati dengan Kunyit

ILUSTRASI. Beberapa penelitian menunjukkan, kunyit dapat membantu meringankan gejala peradangan karena kandungan curcumin. (health.com)

FAJAR.CO.ID — Nyeri dan radang sendi kini tak hanya dialami lansia, terapi sudah bergeser ke usia muda. Hal itu bisa diakibatkan kurang gerak dan pola hidup tak sehat. Salah satu radang sendi yakni Rheumatoid Arthritis, yakni kondisi jangka panjang yang menyebabkan peradangan, nyeri, dan kekakuan pada sendi. Obat-obatan herbal diyakini bisa mengurangi rasa nyeri tersebut, salah satunya kunyit.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (10/12), beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu meringankan gejala peradangan. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kunyit dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Secara khusus, kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi penderita rheumatoid arthritis (RA).

Bisakah kunyit membantu meringankan gejala radang sendi?

Kunyit atau Curcuma longa, adalah bumbu kuning atau oranye yanh dipercaya bisa mengatasi masalah perut, penyakit kulit, gangguan darah, dan infeksi.

Para peneliti juga telah mempelajari manfaat kesehatan potensial kunyit dan senyawanya dalam pengobatan Barat. Menurut review 2015, temuan studi menunjukkan bahwa curcumin, salah satu senyawa aktif utama dalam kunyit, dapat menurunkan gula darah dan memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker.

Sedangkan RA adalah kondisi autoimun, yang berarti bahwa sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sendi yang sehat. Serangan-serangan ini menyebabkan peradangan yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan tulang dan persendian di daerah yang terkena. Dengan demikian, sifat anti-inflamasi dan antioksidan alami kunyit dapat bermanfaat bagi orang dengan RA.

Komentar

Loading...