Preview Salzburg vs Liverpool: Awas, Malu!

Pertemuan pertama Liverpool dan Salzburg di Anfield Stadium, Oktober lalu/Getty Images

FAJAR.CO.ID, SALZBURG—Liverpool hanya butuh satu poin di markas Salzburg untuk memastikan diri sebagai wakil Grup E di babak 16 besar Liga Champions. Namun, mereka perlu waspada jika tidak ingin malu di Austria.

KENDATI masih memuncaki klasemen dengan poin 10, posisi Liverpool memang belum sepenuhnya aman. Kekalahan 0-1 di Stadion Salzburg dan hasil seri Napoli kontra Genk di San Paolo dipastikan akan membuat sang juara bertahan tersingkir.

Ini tidak mustahil terjadi jika Liverpool lengah apalagi sampai meremehkan tuan rumah. Salzburg saat ini adalah salah satu klub yang punya catatan gol kandang yang sangat menakutkan. Teranyar, mereka menghajar WSG Swarovski Tirol dengan skor 5-1.

Catatan gol mereka di Liga Champions juga sangat luar biasa. Statistik Whoschored memperlihatkan Salzburg mencetak rata-rata 3,2 gol pertandingan. Dan Liverpool pasti sudah sangat paham bagaimana berbahayanya lini serang Salzburg setelah mereka dijebol tiga kali di Anfield.

Erling Braut Haaland adalah sosok yang paling harus diwaspadai Liverpool. Penyerang berusia 19 tahun itu sudah mencetak 28 gol hanya dalam 21 penampilan musim ini. Termasuk melesakkan gol di setiap pertandingan Liga Champions musim ini.

Namun, pencetak lima hattrick itu bukan satu-satunya ancaman. Tandemnya di lini depan, Patson Daka tak kalah menakutkan. Ia total sudah melesakkan 13 gol dalam 16 pertandingan liga. Dua nama lainnya yang mesti diwaspadai adalah Hwang Hee-Chan dan Takumi Minamino yang sama-sama mencetak gol di Anfield.

Berbekal senjata lini serang itu, Pelatih Salzburg, Jesse Marsch yang bisa menurunkan komposisi terbaiknya termasuk kiper Cican Stankovic sangat percaya diri bisa membalas kekalahan 3-4 dari Liverpool. “Jika kami bermain dengan percaya diri dan cerdas, seperti saat melawan Genk misalnya, kami akan melihatnya (kemenangan),” kata Marsch di Futaa.com.

Marsch menyebut ini ibarat final dan tim asuhannya sangat bersemangat. “Kami bersemangat, tapi tenang, energi dan konsentrasi optimal. Kami tidak bisa mengejutkan mereka, mereka memahami sepakbola kami. Tetapi jika kami mendapatkan kinerja terbaik kami, kami memiliki peluang bagus,” tegasnya di This Is Anfield.

Meskipun tuan rumah punya ambisi besar mempermalukan tim asuhannya, Juergen Klopp cukup rileks. Manajer asal Jerman itu mengatakan, dengan pertahanan bagus seperti saat mengalahkan Bournemouth dengan skor 3-0, mereka akan melewati adangan Salzburg.

Clean sheet di markas Bournemouth adalah pertama dalam 15 pertandingan terakhir The Reds. “Pertandingan berikutnya melawan Salzburg pada hari Selasa (Rabu), clean sheet akan berguna,” kata Klopp di situs resmi Liverpool.

Hanya Dejan Lovren, Joel Matip, dan Fabinho yang kemungkinan absen di pertandingan ini. Dengan begitu, Klopp bisa menurunkan komposisi terbaik di sektor tengah dan depan. Nama-nama seperti Sadio Mane dan Roberto Firmino yang dicadangkan di laga sebelumnya bisa kembali menjadi starter bersama Mohamed Salah.

Kapten Liverpool, Jordan Henderson sendiri menegaskan bahwa tidak masalah siapa yang akan bermain. Bagi Henderson, ketika tim memiliki begitu banyak pemain bagus, segalanya akan mudah diatur.

“Manajer telah mengatakan sepanjang musim bahwa akan ada banyak pertandingan, jadi kami membutuhkan semua pemain dan itu terbukti sejauh ini. Kami harus terus melakukannya hingga akhir musim,” ujar Henderson di Goal. (amr)

Prakiraan Pemain

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...