Ritual Alukta Awali Pesona Kemilau Toraja


FAJAR.CO.ID, MAKALE — Wisata akhir tahun di Tana Toraja dihelat dengan nama Pesona Kemilau Toraja. Kegiatan pengganti Lovely December dimulai dengan ritual adat aliran kepercayaan alukta, agamu suku Toraja.

Ritual adat tersebut dipimpin dan dilaksanakan oleh Ne Sando, tokoh adat alukta dan pengurus alukta lainnya. Kegiatan alukta tersebut dilakukan sebagai bentuk pemujaan dalam rangka penyucian dari kesalahan.

Prosesi berlangsung selama tiga hari tiga malam ( 8 – 11 / 12 ) di taman PKK Makale. Diawali prosesi sorongan tallang, mangalli wai piong marapuan, mengkanoro, dan diakhiri massura tallang. Ritual itu sekaligus sebagai bentuk permohonam maaf atas segala kesalahan yang dilakukan selama ini.

“Dalam memasuki rangkaian acara syukur bersama dan kegiatan ini, kita awali dengan ritual pertobatan dari berbagai kesalahan sehingga apa yang akan dilakukan dalam acara Kemilau Toraja ada manfaatnya,” jelas Allopadang, pengurus aliran kepercayaan alukta, Selasa, 10 Desember.

Pesona Kemilau Toraja tersebut berlangsung hingga 31 Desember mendatang. Sejumlah kegiatan di antaranya, fun bike, adventure trail, festival tenun, ring road crismas rely, dan berbagai aktrasi budaya lainnya. Acara puncak dipusatkan di Plaza Toraya kawasan taman rakyat kolam Makale, 28 Desember mendatang.

“Pesona Kemilau Toraja ini sudah sementara berlangsung. Sebelumnya sudah ada kegiatan ekspo, sekarang kegiatan ritual. Ini bukti keterlibatan semua unsur dalam mendukung program Pesona Kemilau Toraja 2019, ” ungkap Bonivasius Paundanan, Kadis Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja. (Frederich Suselisu)

Komentar

Loading...