7 Parpol Mengarah ke Adnan Purichta, Sisa Gerindra, PKS, dan Golkar Mau Menantang?


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peluang kolom kosong menjadi lawan petahana Adnan Purichta Ichsan di Pilkada Gowa kian terbuka. Dari 10 partai pemilik kursi di DPRD Gowa, tujuh di antaranya hampir pasti di barisan eks legislator Sulsel tersebut.

Tujuh parpol yang dimaksud adalah PPP, Demokrat, Nasdem, PKB, Perindo, PAN, dan PDIP. Jika digabungkan, tujuh partai ini punya 32 kursi di DPRD Gowa dari total 45 kursi. Dengan demikian, sisa Gerindra, PKS, dan, Golkar yang disisakan Adnan.

Secara kalkulasi, tiga partai tersisa punya 13 kursi di DPRD Gowa. Jika berkoalisi, masih bisa mengajukan satu pasangan calon bupati dan wakil bupati. Sebab syarat minimal untuk maju di Pilkada Gowa minimal mendapat dukungan sembilan kursi parlemen daerah.

Arah dukungan ini diketahui setelah sejumlah partai tersebut menegaskan akan berada di barisan petahana. Demokrat, PAN, PPP, Perindo yang lebih dulu memberikan sinyal ingin mengusung Adnan. Terbaru, giliran Nasdem yang menyampaikan dukungannya.

Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syahruddin Alrif menyampaikan, Nasdem sudah berkomunikasi lama dengan Adnan. Menurutnya, partai besutan Surya Paloh itu mengarah ke petahana. “Arahnya ke sana (Adnan,red). Itu hasil komunikasi kami,” ungkapnya.

Kemudian PKB yang ikut menegaskan sudah memutuskan dan mengusulkan nama tunggal ke DPP, yakni nama Adnan. “Kalau Gowa sudah selesai. DPC, DPW sudah sepakat usung Adnan. Sisa menunggu surat DPP,” tegas Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad.

Bahkan, kemungkinan rekomendasi PKB akan dikeluarkan pada Januari mendatang, agar proses penjaringan khusus di Gowa selesai. “Politik itu butuh kepastian. Tidak baik juga kalau kelamaan tidak ada kejelasan,” pungkasnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar