Pencarian Google Sepanjang 2019, Nadiem Makarim Paling Populer di Indonesia

FAJAR.CO.ID,JAKARTA--Selain mengungkap pencarian paling populer di Indonesia sepanjang tahun 2019, Google juga membaginya berdasarkan kategori. Kategori tersebut, antara lain, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa Itu, Bagaimana Cara, Resep, dan Film.

Untuk kategori Tokoh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) berada sebagai tokoh yang paling dicari sepanjang 2019. Selain Nadiem, beberapa nama populer lainnya juga banyak dicari pada kategori tersebut seperti Edhy Prabowo, Wishnutama, Thareq Kemal Habibie, Sandiaga Uno, dan Wiranto.

Head of Marketing Indonesia, Filipina and SEA NBU Google, Veronica Utami menyampaikan, trending search bukan hanya berdasarkan pada topik apa yang paling banyak dicari saja, melainkan yang memiliki peningkatan paling signifikan.

“Trending search adalah topik dengan peningkatan penelusuran paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun ini dibandingkan tahun lalu,” ujarnya di acara Google Year In Search 2019 di Jakarta, Rabu (11/12).

Untuk Nadiem yang tiba-tiba muncul sebagai orang yang paling dicari sepanjang tahun 2019 kategori tokoh, Veronoca menyebut bahwa bisa jadi nama Nadiem mencuat setelah dirinya dipilih sebagai Mendikbud oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini.

Dia menjelaskan, Year In Search itu berdasarkan penelusuran yang trending. Artinya terjadi kenaikan yang signifikan secara berkelanjutan dibandingkan dengan 2018.

“Artinya jumlah penelusuran untuk Nadiem itu meningkat. Relevansi dengan dia yang jadi Menteri? Bisa jadi, karena kan itu merupakan peristiwa yang paling berkaitan dan berbeda tahun ini terhadap tokoh yang bersangkutan,” terang Veronica.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...