Preview Dinamo vs Manchester City: Garansi Guardiola

Kevin de Bryune berlatih bersama Manchester City/Getty Images

FAJAR.CO.ID, ZAGREB—Manchester City tidak akan mengalah begitu saja di matchday terakhir Grup C Liga Champions. Sang manajer, Pep Guardiola menggaransi anak asuhnya akan bersikap profesional dan bertekad mengalahkan Dinamo Zagreb.

Pertandingan pamungkas fase grup di Stadion Maksimir ini memang sudah tidak berpengaruh lagi bagi Manchester City. Dengan poin 11, jawara Premier League Inggris itu sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C.

Tapi, Pep menegaskan bahwa mereka harus mengormati kontestan Grup C lainnya; Shakhtar Donetsk dan Atalanta yang akan bertanding di jam yang sama. Karena itu, Pep siap beradu strategi dengan pelatih tuan rumah, Nenad Bjelica.

Ini jelas kabar bagus bagi Shakhtar dan Atalanta. Pasalnya, kedua klub tersebut juga sama-sama berpeluang lolos ke babak 16 besar. Jika City bisa mengalahkan Dinamo, maka siapapun di antara Shakhtar dan Atalanta yang bisa memenangi pertandingan maka merekalah yang akan mendampingi The Citizens.

“Kami akan melakukan perjalanan dengan niat untuk menang. Anda membutuhkan usaha nyata untuk melakukan itu, dan untuk menghormati Shakhtar dan Atalanta kita harus melakukannya,” tegas Pep dikutip dari Total Croatia News.

“(Dua tahun lalu) kami melakukan perjalanan ke Shakhtar yang sudah memenuhi syarat, kami berjuang sampai akhir, tertinggal 2-0 dan kemudian 2-1, kami memiliki peluang pada akhirnya,” lanjut pelatih berpaspor Spanyol tersebut.

Selain menghormati lawan lain yang tengah berjuang, pertandingan ini juga menjadi momentum Pep untuk mengembalikan kepercayaan diri anak asuhnya. Maklum, akhir pekan lalu mereka dipermalukan Manchester United dalam laga derbi di Etihad Stadium.

Meski demikian, dengan jadwal padat Premier League sepanjang periode natal dan tahun baru, Pep jelas akan tetap melakukan rotasi pemain. Pemain yang selama ini lebih banyak di bench seperti Phil Foden, Angelino, Eric Garcia, hingga Joao Cancelo diprediksi akan bermain sejak awal.

Tapi, Dinamo yang hanya kehilangan satu pertandingan kandang sejak April 2018 dengan catatan 36 kemenangan dan 6 hasil imbang siap bertarung untuk tiket fase knockout. Pelatih Nenad Bjelica menegaskan, dengan dukungan 30.000 suporter yang sudah memborong tiket, mereka akan mengalahkan City.

“Kami mendekati permainan hebat ini dalam suasana hati yang positif, terlepas dari kenyataan bahwa kami dikalahkan oleh Atalanta di pertandingan sebelumnya. Kami bermain melawan tim terbaik di grup, melawan salah satu tim terbaik di Eropa, tetapi kami bermain untuk menang. Dan kami yakin kami bisa menang,” tegas Bjelica kepada Vijesti.

Kemenangan di laga ini tidak menjamin Dinamo akan lolos. Itu karena mereka saat ini masih terpaut satu angka di belakang Shakhtar. Namun, Bjelica menegaskan mereka tidak memikirkan hal itu. “Kami mengamankan setidaknya tempat ketiga dengan kemenangan. Tentu saja kita berpikir tentang yang lain, tetapi itu tidak tergantung pada kita,” jelas Bjelica di 24sata.

Untuk laga ini, Dinamo yang kalah 0-2 di Etihad hanya kehilangan Kevin Theophile-Catherine dan Dino Peric. Dengan begitu, Bjelica bisa memainkan komposisi terbaiknya termasuk sang top skor Mislav Orsic. Sedangkan City, Leroy Sane, Sergio Aguero, serta Fernandinho absen karena cedera dan akumulasi kartu. (amr)

Prakiraan Pemain

Komentar

Loading...