Ramaikan Pesona Kemilau Toraja, Penganut Alukta Minta Perhatian

FAJAR.CO.ID, MAKALE -- Ribuan jiwa penganut aliran kepercayaan paham agama leluhur suku Toraja kini masih tergabung dan mendapat pengakuan sebagai umat hindu darma. Mereka berharap pemerintah daerah tetap memberikan perhatian .

Allopadang pengurus alukta Tana Toraja mengatakan, setidaknya ada 15 ribu warga Tana Toraja penganut aliran kepercayaan tersebut yang tersebar di sejumlah wilayah di Tana Toraja, bahkan ada beberapa orang yang berprofesi sebagai PNS.

Ia minta agar penganut paham tersebut tetap mendapat perhatian dari pemerintah daerah, selain dukungan tetap lestarinya paham tersebut di Tana Toraja.

"Kami bagian dari adat dan budaya Toraja, kami berharap tetap ada perhatian dari pemerintah khususnya pemberdayaan warga pemeluk alukta dalam mendukung Toraja ini sebagai tujuan wisata," jelas Allopadang di sela-sela acara ritual adat rangkaian Pesona Kemilau Toraja, Rabu 11 Desember .

Dinas Kebudayaan Tana Toraja sudah memberikan dukungan serta memfasilitasi kegiatan ritual termasuk upaya untuk tetap mempertahankan paham aliran kepercayaan alukta.

Dalam berbagai kegiatan, baik program pemerintahan maupun kegiatan sosial kemasyarakatan, para pengurus alukta selalu dilibatkan.

"Buktinya Pesona Kemilau Toraja, penganut aliran kepercayaan alukta terlibat secara langsung dengan agenda ritualnya dan ini sebagai fasilitasi pemerintah dalam mendukung keberadaan penganutnya," jelas Bonufasius Paundanan, Kadis Kebudayaan Tana Toraja. (Frederich Suselisu )

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...