Infografis

Rp103 M untuk Seratus Ruas Jalan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perbaikan jalan pada 2020 akan menyasar 100 ruas jalan di Kota Makassar. Anggarannya Rp100 miliar.

Kasi Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Darlis, mengatakan, pembangunan jalan pada seratus titik merupakan hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang). “Kita sudah sepakati kurang lebih seratus titik di tahun depan,” ujarnya kepada FAJAR, Senin, 9 Desember.

Darlis menjelaskan, anggaran pembangunan jalan berasal dari APBD sebesar Rp25 miliar. Sementara bantuan dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID) masing-masing Rp14 miliar dan Rp64 miliar.

“Total sudah meliputi kegiatan bidang jalan yang meliputi pengaspalan dan betonisasi,” terang Darlis.

Dari 100 titik, ada dua ruas jalan prioritas pembangunan yang terkoneksi jalan nasional. Seperti pengerjaan Jalan Sunu dan ruas jalan di Borong Raya. “Kalau bicara kolaborasi pembangunan jalan dengan Pemprov Sulsel, sejauh ini belum ada. Kita cuma sifatnya koordinasi saja,” tandasnya.

Darlis juga menerangkan, tak ada proyek tahun ini yang mangkrak atau pembangunannya dilanjut ke tahun depan. Semua kontraktor atau pihak ketiga telah mampu merampungkan seluruh perbaikan jalan sebelum masuk 2020.

“Kontraknya seperti itu. Harus tuntas semua dalam setahun. Sepengetahuan kami tidak ada proyek lanjutan dari tahun sebelumnya. Apa yang kita anggarkan pada 2020 semua baru dan sudah disahkan,” tandasnya. Dalam proyek pembangunan jalan, pihaknya juga telah menyisipkan Rp1 miliar untuk pembangunan jembatan.

Pembangunan jalan juga memperhatikan titik air agar tak terjadi genangan. Pihaknya tak ingin asal melakukan betoniasi atau membangun jalan tanpa melihat aspek tersebut.

Kepala Bidang Bangunan Air Dinas PU Kota Makassar, Fuad Azis menerangkan, pada musim penghujan pihaknya telah menyiapkan 480 satgas anti genangan. “Mereka disebar pada seluruh titik. Untuk titik genangan yang kami anggap rawan ada di Jl Pettarani, Jl Boulevard, dan Jl Gunung Lompobattang,” pungkasnya. (rdi)

Comment

Loading...