Tumbuhkan Minat Baca Anak Lewat Dongeng

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Saat ini, anak-anak lebih menyukai bermain gim atau gawai. Hal ini karena kemajuan teknologi, seperti menjamurnya telepon pintar, mereka semakin jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif.

Untuk itu, KB TK Islam Al-Azhar 34 Makassar, mengajak orang tua murid mengikuti seminar parenting yang diadakan di Aula Sekolah Islam Al-Azhar lantai 4, Rabu,11/12.

Kepala Sekolah Kb Tk Islam Al-Azhar 34 Makassar, Muliani mengatakan, seminar parenting ini menghadirkan pendongeng. Tujuannya bukan untuk mendongengkan para orang tua murid, namun lebih kepada melatih atau memberi kiat-kiat bagaimana orang tua bisa mengajak anaknya menumbuhkan budaya membaca.

"Salah satunya melalui media dongeng, ketika anak didongengkan maka secara tidak langsung mereka juga melihat buku dan ingin membacanya karena penasaran," tuturnya.

Direktur Sekolah Islam Al Azhar 34 Makassar, Jasman Luasin mengatakan generasi sekarang minat bacanya masih rendah, salah satu pengaruh karena kecanggihan smartphone yang akhirnya anak lebih tertarik dengan sosial media dan youtube dibandingkan menggunakan smartphone untuk membaca.

Setiap hari ratusan video pertontonkan. Roh itu melengket dalam diri. "Disini kita mau murid TK dibiasakan sejak dini mencintai literasi dengan berawal dari orangtua yang memang dekat dengan mereka,"ucapnya. (wis/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...