20 Kapal Perang Iran Kepung Kapal Induk AS USS Abraham Lincoln

Kamis, 12 Desember 2019 09:16

iranian.com

FAJAR.CO.ID, TEHERAN — Rilis gambar satelit menunjukkan kapal induk Angkatan Laut AS dikawal pergi oleh kapal Iranian Revolutionary Guards Corp (IRGC). Rilis itu ditengah meningkatnya ketegangan di perairan Teluk.

Kapal perang IRGC yang terdiri dari 20 kapal kecil dilaporkan mengepung USS Abraham Lincoln, serta kelompok kapal-kapal Amerika yang dipimpinnya termasuk kapal penjelajah rudal USS Leyte Gulf dan kapal perusak rudal USS Farragut, selama transit mereka melalui Selat Hormuz.

Dilansir Iranian, Kamis, 12 Desember, insiden itu terjadi pekan lalu, meskipun gambar satelit terungkap dan diedarkan kemarin.

Menurut status pelacak laut hari ini, lokasi USS Abraham Lincoln saat ini berada di Samudra Hindia tepat di luar Teluk Persia dan Selat Hormuz. USS Harry Truman, kapal induk AS lainnya, akan menggantikannya dan saat ini berada di Mediterania dalam perjalanan ke Teluk.

Campur tangan Iran dalam aktivitas angkatan laut AS terjadi kira-kira tiga minggu setelah USS Abraham Lincoln memasuki perairan di sekitar Selat Hormuz, yang menjadi berita utama karena situasi yang bergejolak antara Iran dan AS dan sekutunya di Teluk.

Ketegangan di Teluk Persia telah meningkat secara dramatis, terutama setelah Iran merebut kapal-kapal Eropa dan kapal-kapal tanker minyak di musim panas dan penembakan sebuah pesawat tanpa awak AS di daerah tersebut.

Komentar


VIDEO TERKINI