Ingin Awet Muda, Ini 7 Tips Mengurangi Kerutan di Wajah

FAJAR.CO.ID -- Selain jerawat, kerutan termasuk masalah kulit lainnya yang sering dikeluhkan para wanita. Pasalnya, gangguan kulit ini bisa membuat penampilan jauh lebih tua daripada usia aslinya. Tapi tenang, ada cara mengurangi kerutan di wajah yang bisa Anda lakukan sehari-hari dengan mudah.

Mengapa Kerutan Bisa Timbul di Wajah?

Sebelum mengetahui cara-cara tersebut, ketahui dulu alasan di balik munculnya kerutan di kulit wajah. Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc Hons dari KlikDokter, keriput merupakan salah satu proses penuaan pada kulit yang tidak dapat dihindari.

Penuaan kulit dimulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi atau penurunan kualitas. Nah, faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar matahari alias sinar UV.

Proses penuaan biasanya dimulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun. Penuaan pun akan semakin cepat bila kulit dibiarkan tanpa pelembap. Namun, bukan tak mungkin bila penuaan terjadi di usia 20 akhir dan usia 30-an (penuaan dini).

Tidak sesulit yang Anda bayangkan, mengurangi kerutan di wajah dapat dilakukan melalui cara-cara sederhana. Berikut beberapa cara mengejutkan yang bisa Anda terapkan.

Tidur Terlentang

Posisi ini dianggap yang paling baik karena kulit wajah tidak mendapat tekanan dari sisi lain. Tidur menghadap samping dapat memicu timbulnya kerutan di pipi dan dagu. Bila tidur tengkurap, leher akan sakit dan dapat menimbulkan kerutan di area alis.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...