Kecepatan Pelayanan Kunci Reformasi Birokrasi

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Jakarta — Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meminta penyederhanaan birokrasi harus dilakukan secara cermat, objektif, transparan, adil, dan menerapkan prinsip kehati-hatian agar tidak menimbulkan kegaduhan.

Hal tersebut dinyatakan Wapres dalam pengantar Rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) di Kantor Wapres, Jl. Merdeka Utara Jakarta, Kamis (12/12/2019).

“Yang perlu kita cari adalah solusi yang memberikan dampak terkecil,” ujarnya.

Dalam rapat yang di hadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB) Tjahjo Komolo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta sejumlah kementerian, Wapres menegaskan bahwa salah satu prioritas yang harus segera di capai dalam waktu dekat, ialah penyederhanaan birokrasi seperti yang telah disampaikan Presiden pada pidatonya di Sidang Paripurna MPR RI saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2019-2024.

“Oleh karena itu, penyederhanaan birokrasi akan menjadi salah satu agenda utama rapat kita hari ini,” terangnya.

Wapres selaku Ketua KPRBN mengingatkan kembali bahwa arahan Presiden terkait penyederhanaan birokrasi perlu diterjemahkan dalam suatu kebijakan yang memperhatikan prinsip keadilan, dan tetap menjaga kesejahteraan ASN.

“Lembaga pemerintah harus semakin sederhana, simpel dan lincah. Kecepatan melayani menjadi kunci bagi reformasi birokrasi,” pungkasnya. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...