Libur Nataru, Kemenhub Siap Layani 3,4 Juta Penumpang


FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Badan Litbang Kemenhub sudah melakukan kajian terkait potensi angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hasilnya, 60 persen menyiapkan perjalanan Nataru dengan jalur darat. Terutama di Jawa. Di luar Jawa, pesawat dan kapal masih menjadi andalan.

Dirjen Perhubungan Laut Agus R Purnomo mengungkapkan, pergerakan penumpang saat Nataru terbanyak ada di wilayah timur Indonesia. Sebagian lagi ada di Sumatera Utara. Untuk menghadapi event tahunan tersebut, sektor laut menyiapkan 1.293 kapal dengan kapasitas 3.415.838 orang. “Ada 51 pelabuhan dipantau,” katanya.

Demi kelancaran perjalanan selama nataru, Agus memerintahkan agar manajemen kapal diperhatikan. Untuk jalur-jalur sepi jika perlu rerouting ke jalur yang ramai. Langkah itu supaya tidak ada penumpukan penumpang. Biasanya hal ini sering terjadi di Indonesia Timur. “Disiapkan juga kapal negara jika ada penumpukan,” ucapnya.

Untuk menyatakan keamanan, Ditjen Perhubungan Laut menyelenggarakan uji petik. Seluruh kapal yang terlibat dalam Nataru dilakukan uji petik.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko mengatakan, berdasar pada trennya, diprekdiksi terjadi peningkatan jumlah penumpang pada penyelenggaraan Angkutan Nataru. Angkanya mencapai 1,84 persen atau 1.191.786 penumpang.

“Kami prediksi puncak arus libur dimulai pada Jumat 20 Desember sampai dengan Selasa 24 Desember,” ucapnya.Sedangkan puncak arus balik diperkirakan dimulai pada Minggu 29 Desember sampai dengan Selasa tanggal 31 Desember.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR