Infografis

MENDIKBUD UBAH SISDIKNAS

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sistem pendidikan nasional (sisdiknas) berubah. Mulai PPDB, ujian, hingga pengajaran.

PADA 2021, Ujian Nasional akan dihapuskan. Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) juga tak seperti tahun ini. Ada perubahan pada PPDB 2020 nanti.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menerbitkan empat kebijakan baru. Disampaikan di hadapan seluruh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 11 Desember.

Empat kebijakan itu terkait Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Perencanaan Pembelajaran (RPP), dan PPDB. Khusus USBN, UU Sisdiknas sudah jelas memaparkan bahwa murid dievaluasi oleh guru.

Kelulusan siswa semestinya ditentukan oleh sekolah. Mengembalikan posisi USBN menjadi kewenangan sekolah, dianggapnya menjadi kebijakan yang tepat.

Semua sekolah berhak menyelenggarakan ujian kelulusannya sendiri, dengan tetap mengacu pada kompetensi dasar yang sudah ada pada kurikulum saat ini. Namun, Nadiem memberi catatan, pihaknya memaksakan sekolah untuk harus mengubah tes kelulusan.

“Kalau sekolah itu masih belum siap untuk melakukan perubahan, menggunakan format seperti USBN yang tahun lalu, itu dipersilakan,” beber mantan CEO Gojek itu.

Bagi sekolah yang ingin melakukan perubahan dan penilaian dengan cara lebih holistik, diperbolehkan. Misalnya, sekolah hanya tak melakukan penilaian di luar hal yang cuma pilihan ganda.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR