Miliki Riwayat Penyakit Jantung, Berisiko Kanker 7 Kali Lipat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Kabar mengkhawatirkan bagi orang-orang yang berhasil selamat dari serangan jantung. Penelitian baru menunjukkan bahwa mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, atau irama jantung yang tidak menentu, berisiko lebih dari tujuh kali lipat untuk pengembangan kanker, dibandingkan dengan mereka yang memiliki jantung sehat.

"Kami menemukan bahwa orang-orang dengan faktor risiko tertentu untuk penyakit jantung memiliki peningkatan risiko kanker dan, yang lebih menarik lagi, kami menemukan bahwa orang-orang yang akhirnya mengembangkan penyakit jantung memiliki peningkatan risiko yang signifikan terhadap kanker di masa depan," kata ketua peneliti, Dr. Emily Lau, seorang ahli kardiologi di Massachusetts General Hospital di Boston, seperti dilansir laman WebMD, Rabu (11/12).

Temuan ini didasarkan pada data dari Framingham Heart Study, sebuah proyek penelitian berdurasi puluhan tahun yang terkenal setelah meneliti kesehatan jantung orang-orang yang tinggal di kota kecil Framingham. Lau dan rekan-rekannya memperhatikan bahwa banyak pasien reguler dengan penyakit jantung juga melawan kanker.

Para peneliti beralih ke studi Framingham, melacak lebih dari 12.700 orang selama sekitar 15 tahun yang tidak memiliki penyakit jantung atau kanker pada awal penelitian. Selama masa studi, 1.670 kasus kanker terjadi - terutama pencernaan, payudara, prostat dan paru-paru.

Orang-orang yang memulai dengan faktor risiko yang memberi mereka 20 persen risiko penyakit jantung selama dekade berikutnya adalah lebih dari tiga kali lebih mungkin dibandingkan orang-orang dengan risiko lebih rendah untuk mengembangkan jenis kanker apa pun. "Faktor risiko terpenting yang dimiliki oleh kedua penyakit itu adalah usia, tekanan darah tinggi, diabetes, dan merokok," jelas Lau.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...