Mobil Dinas Jokowi Mercedes-Benz S600 Guard, Ini Spesifikasinya

0 Komentar

Mercedes-Benz S600 Guard mobil dina Presiden Jokowi akan segera tiba. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mobil dinas Kepresidenan yang baru bermerek Mercedes-Benz varian S600 Guard akan segera digunakan Presiden Joko Widodo. Mobil khusus dengan spesifikasi tingkat keamanan dan keselamatan paling tinggi ini, akan seger dikirim langsung dari Jerman tempat mobil ini dibuat.

Sebagai mobil dinas Presiden tentunya spesifikasi serta fitur yang diaplikasikan berbeda dengan mobil pada umumnya yang dipasarkan secara massal. Spesifikasi keselamatan dan keamanan kelas atas atau yang disebut juga VR9 Class.

Menurut PT Mercedes-Benz Indonesia (MDBI) yang bertanggung jawab memegang tender Mercedes-Benz S600 Guard, mobil ini akan segera dikirim dan hingga saat ini masih proses persiapan.

“Sekarang sudah tahap persiapan pengiriman, bila tak ada kendala akhir tahun ini sudah tiba di Indonesia,” ungkap Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation and Product Management Mercedes-Benz Indonesia, di pabrik Wanaherang, Bogor, Selasa (11/12).

Kariyanto juga menambahkan kalau pihaknya sedang berkomunikasi dengan Kementerian Sekretariat Negara terkait jadwal pengiriman unit. Kedua belah pihak masih mencocokkan jadwal.

Terkait perawatan mobil Mercedes-Benz S600 Guard milik Kepresidenan akan menggunakan skema standar dengan tim dari diler resmi Mercedes.

“Pastinya mengikuti waranty standar dari Mercedes seperti mobil lainnya. Namun timnya (Setneg) dilatih tetap dari diler yang certified. Nanti tinggal koordinasi dengan diler yang ditunjuk untuk melakukan perawatan rutin,” tambahnya.

Ketika disinggung masalah mekanisme koordinasi terkait hal ini (perawatan), apakah tim mekanik yang datang ke Istana atau sebaliknya, Kariyanto mengatakan pihaknya tak mau menjawab secara rinci. Wajar bila Mercedes-Benz tidak mengatakan secara rinci karena menyangkut masalah keamanan. Di semua negara hal ini akan bersifat tertutup bila menyangkut keamanan Presiden.

Berbicara masalah spesifikasi, Mercedes-Benz S600 Guard fiturnya sangat berbeda dengan unit biasanya. Mobil ini dibekali mesin V12 yang memiliki tenaga 530 dk dan torsi 830 Nm yang dengan sistem transmisi otomatis 7G-TRONIC.

Fitur keselamatan dilengkapi dengan bodi plat baja yang mampu melindungi serangan senjata api atau bahan peledak. Seluruh kaca juga menggunakan bahan polycarbonate khusus anti-peluru dan bahan peledak ringan.

Dalam kabin jok penumpang menggunakan pengaturan elektrik dan sandaran kaki serta dilengkapi juga dengan fitur penghangat dan fitur pijat. Air bag sudah pasti ada dan untuk komunikasi menggunakan telepon satelit dengan pengaturan melalui layar sentuh. Ada juga pendingin kulkas serta lampu baca LED.

Mercedes-Benz S600 Guard juga dilengkapi dengan Night View Assist Plus, kamera 360 derajat, tirai elektrik, panic Alarm System, sistem pemadam api ringan otomatis serta sistem sirkulasi udara segar darurat dengan oksigen cadangan yang akan melindungi penumpangnya dari serangan asap atau gas beracun.

Ada juga paket bantuan mengemudi PLUS, termasuk di dalamnya sistem bantuan DISTRONIC PLUS dengan Stop & Go Pilot, rem BAS PLUS, Active Blind Spot Assist. Lalu ada Active Lane Keeping Assist, dan PRE SAFE Brake dengan pengenalan pejalan kaki, Electronic Stability Program, dan Electric Parking Brake. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...