Usai Dicopot, Eks Dirut Perusda Ditantang Ikut Lelang Jabatan


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mantan dirut perusda yang telah diberhentikan masih berpeluang kembali menjabat. Terbuka kesempatan ikut lelang jabatan.

Asisten II Pemkot Makassar, Sittiara Kinang mengatakan, tak ada masalah dengan pimpinan ketiga perusda. Hanya persoalan masa jabatan yang berakhir tahun ini.

Periode jabatan mereka dihitung sejak menggantikan pimpinan sebelumnya. Tak boleh setengah-setengah, harus menghabiskan periode sebelumnya dahulu, lalu dilanjutkan dengan periode yang baru.

“Tidak bisa dihitung periode baru. Mereka hanya melanjutkan. Kalau dilanjutkan berarti cuma dua setengah tahun periodenya,” ucap Sittiara, Rabu, 11 Desember.

Kekosongan pejabat definitif di tiga perusda itu, kata dia, tak akan dibiarkan berlama-lama. Penentuan pejabat akan dilakukan dalam waktu dekat untuk tiga perusda tersebut.

“Tunggu saja. Kita usahakan bulan ini. Timnya diolah bagian ekonomi. Sementara mau dibentuk dan langsung akan dijalankan seleksinya,” imbuhnya.

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menganggap keputusan pemberhentian tiga dirut perusda bukan sepihak. Ia memberhentikan pimpinan tiga perusda lantaran mengacu pada periodesasi jabatan lama.

“Tidak ada pencopotan. Itu hanya ganti periode. Tidak dihitung dari mereka menjabat. Dimulai dari SK pertama (pejabat lama),” tegasnya.

Iqbal menambahkan, pimpinan perusda tersebut juga masih bisa mengikuti lelang jabatan. Hanya saja, jika begitu tentu ada pendaftar lainnya. Maka kemungkinan untuk terpilih kembali juga tak bisa dipastikan.

Komentar

Loading...