Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud RI Gandeng FKIP Unismuh

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, DENPASAR -- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar kembali diamanahkan sebagai penyelenggara Program Darmasiswa Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud RI tahun ajaran akademik 2020/2021.

Kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Program Darmasiswa tersebut dilaksanakan di Hotel Plagoo Nusa Dua, Bali, Rabu-Jumat (11-13/12/2019).

Dalam kegiatan koordinasi ini, pihak BPKLN Kemendikbud RI mengundang seluruh perguruan tinggi penyelenggara yang berjumlah 65 Universitas Se-Indonesia.

Kepala Unit Kerjasama dan Publikasi Internasional FKIP Unismuh Wildan Burhanuddin yang hadir dalam sosialisasi tersebut, mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bagian dari persiapan seleksi peserta Darmasiswa TA 2020/2021. Hal-hal yang disampaikan adalah tentang pembagian peminatan calon peserta, yaitu Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Seni dan Pariwisata.

"Visi dari program Darmasiswa adalah memperkenalkan dan juga mempelajari Bahasa dan Budaya Indonesia. Para mahasiswa internasional belajar dan berinteraksi langsung selama 1 tahun," kata Wildan.

Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib PhD, bersyukur atas penunjukan tersebut. "Alhamdulillah, pihak BPKLN Kemendikbud RI masih terus memberikan kepercayaan kepada kami. InsyaAllah FKIP Unismuh Makassar terus berpacu agar program–program kerja sama baik itu dalam negeri maupun luar negeri menjadi agenda prioritas dan memberikan dampak yang baik untuk kemajuan kampus," pungkasnya.

Pada tahun ajaran 2019/2020, ada lima mahasiswa Darmasiswa dari berbagai negara, yaitu, Madagaskar, Sudan, Polandia, dan Jepang. Mereka sedang mengikuti program kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang akan berakhir pada Agustus 2020 mendatang. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...