Terima Hibah Blueberry, Indonesia Siap Kembangkan Alternatif Agribisnis bagi Petani


FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA – Perwakilan dari Kota Kisarazu, Prefektur Chiba – Jepang bersama dengan Presiden Ezawa Fruit Land, mengunjungi Bandung dan Yogyakarta, beberapa hari lalu. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan Sekjen Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro, pada Maret lalu.

Pada kesempatan ini, Tim Jepang menyerahkan hibah benih blueberry kepada Indonesia, yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Hortikultura.

Penyerahan hibah berlangsung di Kabupaten Bandung dan UGM – Yogyakarta. Perwakilan Kota Kisarazu dan Direktur Buah dan Florikultura, menandatangani Berita Acara Serah Terima hibah benih Blueberry.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan BAST dari Ditjen Hortikultura kepada Ketua Kelompok Bhakti Tanjungwangi Lestari, yang merupakan kelompok binaan PT. Saribhakti Bumi Agri disaksikan Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman mengharapkan agar hibah benih ini menjadi alternatif agri bisnis baru yang potensial di Indonesia.

“Saya berharap blueberry dapat tumbuh dengan baik dan berbuah, sehingga jadi alternatif usaha agribisnis bagi petani di Indonesia,” ucapnya dalam sambutan peresmian hibah ini.

Selain itu, sebelum mengakhiri sambutan, Direktur yang dahulu merupakan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat ini menyampaikan pesannya agar proyek ini menjadi program Korporasi.

“Saya juga menekankan perlunya kemitraan terpadu antara kelompok tani, perguruan tinggi dan swasta untuk mewujudkan kawasan korporasi blueberry di Indonesia,” imbuhnya.

Komentar

Loading...