Wapres Tinjau Infrastruktur Pengolahan Air Bersih dan Rumah Pelayanan Gizi


Fajar.co.id — Sebelum kembali ke Jakarta, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meninjau proses pengelolaan air PDAM Tirta Moedal dan Rumah Pelayanan Gizi (PELANGI), Jumat (13/12/2019).

Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin berkunjung ke pengelolaan air PDAM Tirta Moedal untuk memastikan bahwa penyediaan air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat berjalan baik. Hal ini merupakan salah satu faktor untuk mencegah berbagai macam permasalahan kesehatan masyakat, seperti kematian ibu melahirkan dan kematian bayi, serta prevalensi stunting.

Tak jauh dari PDAM Tirta Moedal, terdapat Rumah Pelayanan Gizi, fasilitas yang dibangun Pemerintah Kota Semarang untuk memaksimalkan penanganan bagi balita dengan masalah gizi termasuk stunting (kuratif dan rehabilitatif selama 6 bulan).

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukan bahwa Provinsi Jawa Tengah tercatat memiliki prevalensi stunting sebesar 31,2 persen atau 831.403 balita, sedangkan Kota Semarang sebesar 29,7 persen.

Terkait masih tingginya prevelansi balita, Wapres menjelaskan bahwa pemerintah berusaha untuk memperbaikinya.

“Kita berusaha memperbaiki. Ada aspek yang sifatnya kesehatan, ada yang sifatnya itu non kesehatan, itu air bersih kemudian sanitasi. Nah ini yang harus diperbaiki,” terangnya.

Wapres menambahkan bahwa untuk pencegahan stunting, peran orang tua menjadi penting. Untuk itu, program seperti penyuluhan sebelum nikah atau pranikah penting untuk dilakukan.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...