Kembali Dikalahkan Endo/Watanabe, Kevin/Marcus Gagal ke Final BWF World Tour Finals 2019

0 Komentar

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon/Badmintonindonesia.org/Screenshot

FAJAR.CO.ID, GUANGZHOU—Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal melangkah ke babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou. Itu setelah mereka dikalahkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam pertarungan rubber set.

Pada pertandingan yang berlangsung di Tianhe Gymnasium, Sabtu, 14 Desember, malam ini, Kevin/Marcus langsung tertinggal 0-4 di awal game pertama. Yuta/Endo bahkan bisa memperlebar jarak menjadi lima poin di skor 5-10 sebelum akhirnya menutup interval pertama dengan skor 8-11.

Setelah jeda, Endo/Yuta kembali melejit. Mereka bahkan bisa memimpin enam poin di posisi 16-10. Pertahanan kuat pasangan Jepang itu seperti tembok yang begitu sulit ditembus. Hampir seluruh smash keras Marcus bisa dikembali Endo/Yuta.

Saat Kevin/Marcus mengubah strategi dengan memilih menunggu, Yuta/Endo semakin mengganas. Smash keras Endo membuat mereka bisa terus mendulang angka sebelum akhirnya memastikan kemenangan di game pertama dengan skor 21-11.

Di game kedua, Kevin/Marcus memimpin lebih dulu di skor 4-2. Namun Endo/Yuta bisa mengejar dan malah berbalik unggul 5-4.  Setelah itu, Kevin/Marcus mencetak empat angka untuk memimpin 8-7 sebelum menutup interval kedua dengan skor 11-7.

Kembali ke lapangan, Kevin/Marcus bisa mencetak lima poin untuk memimpin 16-8. Endo/Yuta mencetak tiga angka selanjutnya yang juga dibalas dua angka oleh Kevin/Marcus untuk mengubah skor menjadi 18-11. Pasangan Jepang coba mengejar sebelum Endo melakukan kesalahan sendiri yang membuat Kevin/Marcus mengakhiri game kedua dengan skor 21-15.

Pada game penentuan, Kevin/Marcus langsung unggul 2-0 yang kemudian dibalikkan menjadi 3-5 oleh Endo/Yuta.  Serangan bertubi-tubi dan kesalahan sendiri dari Kevin/Marcus, membuat Endo/Yuta bisa memperlebar jarak menjadi  tujuh angka di posisi skor 11-4 pada interval ketiga.

Kevin/Marcus memperpendek jarak menjadi 9-13 setelah istirahat. Sayang, setelah itu satu bola tanggung yang tidak bisa dimaksimalkan Kevin membuat perolehan angka mereka terhenti. Endo/Yuta pun bisa kembali unggul tujuh angka di skor 16-9 sebelum akhirnya menutup pertandingan dengan skor 21-10.

Indonesia masih memiliki satu wakil di semifinal ganda putra yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan nomor dua dunia itu akan berhadapan dengan Lee Yang/Wang Chi-Lin dan Chinese Taipei. (TVRI/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...