Arwan Aras Pilih Pakaian Adat Mamasa di HUT Mateng

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TOBADAK – Meski tercatat sebagai putra daerah Tobadak Mamuju Tengah (Mateng), Anggota DPR RI Arwan M Aras Tammauni memilih menggunakan pakaian adat Mamasa saat menghadiri peringatan hari jadi ke-7 Mateng, Sabtu (14/12/19).

Prnampilannya mencolok karena berbeda dari tamu pada umumnya. Di mana hampir seluruh tamu menggunakan pakaian adat Mateng dengan baju jas tutup, lipaq saqbe (sarung saqbe) lengkap dengan keris dan songkok kaliki.

“Yah, baru Minggu lalu pakaian Adat ini jadi. Dan dari awal saya niatkan untuk menggunakan pakaian Adat ini. Tentu, ini bentuk apresiasi saya kepada masyarakat Mamasa secara umum dan warga Mamasa yang sudah lama menetap di Mateng,” ucap Arwan.

Menurut Awang, panggilan akrab Arwan Aras, ia mengapresiasi warga Mamasa sebab selama ini telah ikut membangun dan membantu kemajuan daerah Mateng. Ketua KONI Mamuju Tengah itu juga mengaku memiliki kewajiban menjaga dan melestarikan seluruh potensi budaya yang dimiliki Sulawesi Barat, termasuk budaya Mamasa.

Sekadar diketahui, Pakaian adat tersebut bernama Tana’ Bulawan, lengkap dengan penutup kepala (Passapu),
kemudian sarung (Dodo) dan Talana Toraya Tallu Buku (Celana khas Mamasa) berwarna merah. Sebagai kabupaten termuda, pihaknya berkomitmen mensupport dan ikut membantu kemajuan Mateng.

“Meski demikian, kita lihat sendiri di usianya yang ke-7 tahun ini, sudah terlihat banyak kemajuan,” kata Awang yang juga putra bupati Mateng ini. (nur)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...