5 Bahan Kimia dalam Kosmetik Ini Berbahaya, Jangan Pernah Beli

Senin, 16 Desember 2019 08:23

Ilustrasi kosmetik. Foto: AFP

Dokter Adeline Jaclyn dari KlikDokter mengungkapkan sejak tahun 2016, triclosan dilarang untuk digunakan sebagai antibakteri. “Agen antibakteri kimia ini diketahui dapat menyebabkan gangguan hormon yang menyebabkan kanker, perkembangan masalah saraf, dan memengaruhi perkembangan janin,” tutur dr. Adeline.

Phthalate

Dokter Devia mengatakan phthalate adalah senyawa kimia yang sering digunakan pada cat kuku, hair spray, sabun, sampo, hingga parfum. Turunan dari senyawa kimia ini, antara lain dibutyl phthalate, dibutyl phthalate, dan diethyl phthalate.

“Selain pada produk kosmetik, phthalate ditemukan pula di plastik pembungkus atau pelapis mainan anak-anak. Bila ibu hamil terpapar bahan kimia ini terlalu banyak, efek sampingnya yang dihasilkan adalah meningkatnya risiko penyakit jantung dan anak yang dilahirkan bisa terganggu perkembangan motoriknya,” tutur dr. Devia.

Itu dia lima bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang sebaiknya dihindari. Bagi Anda yang sedang tidak hamil, mungkin sesekali menggunakannya tidak masalah. Tapi, jika sedang hamil, tahan keinginan untuk membeli kosmetik tersebut agar tak merugikan si jabang bayi! (AYU/RPA/klikdokter/jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
7
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar