BKP Bersama Pemprov Sulsel Kendalikan Harga Pangan Jelang Nataru

Senin, 16 Desember 2019 11:42

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa ketersediaan dan harga bahan pangan pokok jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) aman.

Hal tersebut dikatakan Kepala BKP Agung Hendriadi saat memimpin rapat kordinasi pengendalian harga pangan Nataru dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan, di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Sulsel, Senin (16/12/2019).

Dikatakan Agung, sesuai pesan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo bahwa ketersediaan dan pengendalian harga pangan di daerah menjadi tanggung jawab masing-masing pemimpin daerah.

“Secara berjenjang mulai dari kecamatan, kabupaten, provinsi dan pusat harus bersinergi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing dalam pemenuhan pangan 267 penduduk Indonesia,” lanjut Agung.

Agung juga mengatakan bahwa, untuk menjaga stabilitas pasokan pangan, diperlukan distribusi wilayah surplus ke wilayah defisit. “Kita harus memetakan wilayah-wilayah surplus pangan, lakukan monitoring harian terus menerus. Momentum natal dan tahun baru harus dapat kita jaga bersama-sama seperti tahun sebelumnya, agar stok aman dan harga terkendali,” ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Sulsel, Fitriani menyampaikan bahwa, secara umum ketersediaan pangan di Sulsel aman. Hal ini ditandai dengan masuknya musim panen di beberapa wilayah sentra produksi.

Komentar


VIDEO TERKINI