Gara-gara 3 Kabupaten, Insentif Guru Honorer 6 Bulan Tak Dibayar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Insentif guru honorer SMA/SMK di Sulsel
belum dibayarkan selama enam bulan. Disdik menjanjikan
dibayar pekan ini.

Salah seorang guru honorer di SMA, Desi mengatakan sudah beberapa kali mengeluhkan insentif yang belum cair. Dia sempat beberapa kali menemui pihak bendahara sekolah. “Tidak ada kepastian. Katanya menunggu SK bayar. Sejak triwulan III kita belum terima,” keluhnya, Minggu, 15 Desember.

Desi mengaku memang tiap tahun insentif honorer selalu terlambat diterima. Meskipun tidak seberapa namun menurutnya cukup membantu keuangan keluarga. Guru honorer diupah Rp10 ribu per jam. “Mudah-mudahan ada kejelasan. Kita juga ada utang cicilan ini belum dibayar,” tukasnya.

Sekertaris Disdik Sulsel, Setiawan Aswad, mengakui ada keterlambatan pembayaran karena permasalahan administrasi.

Ada tiga kabupaten yang mengalami perubahan data honorer. Ini dahulu yang disinkronkan. “Ada Palopo, dan kabupaten lain di Luwu Raya. Ini yang kita tunggu dan sudah tuntas verifikasinya,” bebernya.

Setiawan menjanjikan pekan ini, insentif guru honorer sudah bisa dicairkan. Pembayaran akan dilakukan dengan sistem rapel. Insentif langsung dibayarkan enam bulan.

“Memang pembayaran insentif itu per tiga bulan atau triwulan. Nah, ini langsung nanti dibayar dua triwulan atau enam bulan sekaligus. Rencana Senin besok (hari ini),” tandasnya. (fik/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...