Mantan Ajudan Jokowi Irjen Listyo Sigit Prabowo Resmi Kabareskrim

0 Komentar

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat tinggi (Pati) Polri di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/12). (Ridwan/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat tinggi (Pati) Polri di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/12). Upacara kenaikan pangkat ini dilakukan sesuai dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3229/XII/Kep/2019 tertanggal 6 Desember 2019.

Dari 13 pati yang disertijab, salah satunya adalah jabatan Kabareskrim Polri yang akan diisi mantan Ajudan Presiden RI Joko Widodo, Irjen Listyo Sigit Prabowo. Listyo sbelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Jabatan yang ditinggal Listyo yakni Kadiv Propam Polri akan diisi oleh Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono. Sedangkan jabatan Karo Paminal Divisi Propam Polri akan diisi oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji.

“Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Idham diikuti Pati Polri yang melakukan Sertijab di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/12).

Dalam surat telegram yang sama, Idham juga memberikan promosi kepada Kabarhakam Polri Komjen Pol Firli Bahuri sebagai Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri. Posisinya sebelumnya digantikan oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto.

Mutasi terhadap Firli sendiri terbilang sangat cepat. Karena dia baru menjabat sebagai Kabarhakam sejak 19 November 2019. Selain itu, pada 15 Desember mendatang, Firli dijadwalkan akan dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Asop Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Utara, dan Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Heru Rudolf Nahak dipilih menggantikan Martuani. Sedangkan Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Tornagogo Sihombing dipromosikan menjadi penerus Rudolf.

Setelah itu, ada pertukaran jabatan antara Irjen Pol Asep Suhendar dan Irjen Pol Ahmad Dofiri. Irjen Pol Asep yang dulunya menjabat sebagai Aslog Kapolri diangkat jabatan baru sebagai Kapolda DIJ. Sedangkan Irjen Pol Ahmad Dofiri menempati jabatan yang ditinggal Asep.

Selanjutnya, Irjen Fakhrizal menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri, Irjen Toni Harmanto menjadi Kapolda Sumatera Barat, Irjen Lukman Wahyu Hariyanto ke Baharkam, dan Brigjen Syafril Nursal menjadi Kapolda Sulawesi Tengah. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...