KPU Bone Jadikan Rumah Pintar Pemilu Sebagai Wadah Edukasi Warga

0 Komentar

Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Bone, Harmita, bersama Kasubag Teknis KPU Bone, Rita Febrianti saat menjelaskan RPP di Kantor KPU Bone Selasa (17/12/2019). (FOTO: AGUNG PRAMONO/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Kantor KPU Bone. Semua warga berhak berkunjung kapan saja. Ada banyak pengetahuan soal demokrasi.

Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Bone Harmita mengatakan, RPP ini sebagai wadah memberikan informasi pemilu kepada masyarakat. “Jadi kita membuka akses informasi layanan masyarakat. Informasi yang ingin diketahui masyarakat tentang tahapan bisa diketahui di sini,” katanya, saat ditemui, Selasa (17/12/2019).

Kata dia, memang ini program dari KPU RI yang sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota. Dan bentuk mendorong pendidikan politik untuk anak didik, serta seluruh elemen masyarakat.

“Dengan membekali masyarakat tentang pemilu akan kesadaran politiknya lebih baik. Tujuannya juga betul-betul memilih atas kesadarannya sendiri,” tambahnya.

Di Bone partisipasi pemilih pada tahun 2018 sekitar 80 persen. Meski tidak mengikuti pilkada serentak nantinya, namun Pekerjaan Rumah (PR) KPU Bone begitu besar. Karena pada pemilu 2024 nanti tugasnya berat. Partisipasi pemilih tidak boleh turun. Harus meningkat dibanding pilkada tahun 2018.

“Ini menjadi PR. Minimal harus mempertahankan itu (80 persen) atau lebih meningkatkan. Tidak boleh puas dengan angka itu. Target partisipasi pemilih ke depan harus ditingkatkan,” jelasnya. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...