Paru-paru Perokok Bisa Dibersihkan, Seperti Ini Caranya


FAJAR.CO.ID, FAKARTA – Merokok sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup bagi sebagian orang, sehingga sulit dihentikan. Padahal, berhenti merokok merupakan langkah awal untuk membersihkan tubuh dan paru-paru dari paparan racun akibat rokok yang memicu berbagai kerusakan.

Lalu, timbul pertanyaan, bagaimana keadaan paru-paru dari seorang perokok. Apakah dengan berhenti merokok paru-paru perokok akan bersih kembali?

Seperti diketahui, rokok mengandung lebih dari 7000 bahan kimia, yang jika dihirup, akan bersarang di paru-paru. Nikotin, arsenik, benzena, kromium, kadmium, dan nikel adalah bahan kimia yang dikenal berbahaya dan merusak organ paru-paru.

Ketika merokok, paru-paru perokok akan mengalami perubahan mulai dari tingkat sel sampai ke tingkat yang bisa dilihat secara langsung. Paru-paru perokok akan berwarna lebih hitam dan coklat daripada paru-paru nonperokok.

Namun, tak perlu khawatir ada beberapa cara untuk menghentikan kerusakan lebih lanjut akibat merokok. Salah satunya ialah mengambil komitmen untuk berhenti merokok.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berhenti merokok akan mengalami perbaikan pada kesehatan saluran pernapasan dan paru-parunya dari waktu ke waktu.

Setelah menghentikan kebiasaan merokok, beberapa tips dan cara berikut ini dapat dilakukan untuk membantu membersihkan paru-paru, dikutip Alodokter.

Rajin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi memang sangat baik dalam mendukung kualitas hidup, termasuk mengonsumsi buah tomat dan apel secara rutin.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR