Iqbal Suhaeb: Masa Honorer Pakai Seragam Sama ASN


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Honorer atau pegawai kontrak Pemkot Makassar mengenakan seragam khusus mulai Januari 2020 mendatang. Seluruh OPD bertanggung jawab menyediakan seragam honorernya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Basri Rakhman mengemukakan, Peraturan Wali Kota Makassar harus dijalankan. Dia berjanji akan memberi teguran jika ada organisasi perangkat daerah atau OPD yang membiarkan honorernya menggunakan seragam lama.

“Seragam lama itu untuk ASN. Jadi honorer tidak boleh lagi menggunakan itu. Harusnya ketika masuk Januari semua sudah berseragam baru (khusus),” tegas Basri, Selasa, 17 Desember.

Basri menyebut pengadaan pakaian dinas untuk honorer akan disiapkan masing-masing OPD. “Kalau pakaian dinas biasanya setiap OPD punya anggaran. Tinggal diubah warnanya. Tetapi saya tidak tahu berapa angkanya,” sambungnya.

BKPSDM, kata Basri, hanya bisa memberi toleransi jika anggaran dari OPD bersangkutan belum bisa dicairkan. Memang belum ada sanksi yang disiapkan untuk penerapan ini. Akan tetapi, pihaknya tetap akan mengawasi.

“Tentu berangsur-angsur penerapannya. Karena kan kalau belum ada pembagian, tidak bisa dipaksakan. Apalagi gaji honorer kan tidak seberapa juga,” ucap dia.

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menambahkan, honorer hanya bisa mengenakan seragam warna abu-abu muda dan celana gelap untuk hari Senin sampai Rabu. Sementara untuk Kamis dan Jumat, honorer diminta menggunakan pakaian batik.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar