Preview Barcelona vs Real Madrid: Berebut Mahkota

Antoine Griezmann dan Lionel Messi/AFP

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—El Clasico jilid pertama antara Barcelona dan Real Madrid akan digelar, dinihari nanti. Ini duel perebutan mahkota La Liga, digaransi akan kembali panas dan penuh drama.

KEDUA klub saat ini sama-sama mengoleksi poin 39. Jadi, bisa dipastikan siapapun pemenang di Camp Nou dinihari nanti akan menjadi penguasa La Liga dan berpeluang juara paruh musim.

Sebagai tuan rumah, Barcelona sangat ambisius mengalahkan musuh bebuyutannya di laga tunda ini. Tidak mengherankan kapten tim yang juga top skor El Clasico, Lionel Messi sejak awal sudah membakar motivasi rekannya.

Messi menegaskan, La Liga saat ini semakin ketat. Semua klub bisa saling mengalahkan. Makanya, mereka harus mampu memaksimalkan laga head to head seperti ini dan berjuang keras untuk mengalahkan pasukan Zinedine Zidane yang menurutnya berada dalam kondisi terbaik.

“Saya mengharapkan Madrid yang sangat kuat. Ini adalah pertandingan spesial, tidak peduli bagaimana satu atau yang lain masuk ke dalamnya. Kami berdua dalam kondisi yang baik,” kata Messi dikutip dari MARCA.

Untuk laga ini, Messi punya dua misi. Pertama mengalahkan Madrid dan mempertahankan takhta. Yang kedua, mencetak gol untuk bisa meninggalkan bomber Real, Karim Benzema di daftar top skor. Seperti diketahui, kedua pemain saat ini sama-sama sudah mengoleksi 12 gol di La Liga.

Tapi bukan hanya Messi yang antusias. Wajah baru di kedua kubu juga penuh gairah menyongsong El Clasico pertama mereka. Salah satunya, Antoine Griezmann. Griez yang dibeli Barcadari Atletico Madrid musim panas lalu berharap bisa berkontribusi dalam El Clasico edisi ke-276 ini.

“Saya sangat senang dan menantikannya. Ini akan menjadi hari yang luar biasa dan saya berharap bisa melakukannya dengan cara sebaik mungkin untuk memainkan permainan yang hebat,” tegas Griezmann kepada media resmi Barca.

“Ini adalah pertandingan yang dinanti seluruh dunia dan sama pentingnya bagi para penggemar seperti para pemain. Selalu luar biasa untuk menonton El Clasico di TV, dan sekarang adalah mimpi untuk dapat memainkannya dan melibatkan diri,” lanjutnya.

Hanya akan kehilangan Ousmane Dembele, Pelatih Barca, Ernesto Valverde menekankan kesiapan anak asuhnya. Setelah ditunda Oktober lalu akibat kondisi keamanan, Valverde mengatakan mereka kini sangat bersemangat. “Sudah saatnya kita memainkan permainan ini, kita sudah menunggu sejak Oktober,” ujarnya.

Tidak terkalahkan sejak akhir Oktober, kubu Madrid tak mau kalah gertak. Benzema yang menjadi tulang punggung gol menegaskan mereka siap meladeni Barca. “Kami tahu ini pertandingan yang sulit, bisa dibilang pertandingan paling penting musim ini. Makanya, kami akan mempersiapkannya dengan baik karena ini penting,” katanya di situs resmi Madrid.  

Sang kapten, Sergio Ramos yang akan memecahkan rekor penampil terbanyak El Clasico menegaskan, El Clasico adalah pertaruhan gengsi. “El Clasico tetap adalah El Clásico, jadi kami harus siap ke pertandingan untuk mengambil tiga poin,” tegas Ramos yang sudah memainkan 42 El Clasico.

Nada optimisme juga dilontarkan bek Dai Carvajal. Usai hasil imbang dramatis di markas Valencia, ia mengklaim Madrid sangat percaya diri menantang Barca yang sebelumnya juga diimbang Real Sociedad.

“Kami masuk ke Clasico dengan penuh percaya diri dan berharap mendapatkan kemenangan. Ini (tak terkalahkan sejak Oktober) adalah dorongan besar dan kami akan mencoba memenangkan pertandingan di Camp Nou,” ujarnya.

Marcelo masih akan absen di pertandingan ini sehingga posisi bek kiri kemungkinan akan kembali ditempati Nacho Fernandez. Untuk lini tengah, Madrid yang kalah 0-1 Maret lalu akan kembali memainkan Casemiro. Sedangkan di lini depan, tanpa Eden Hazard, Benzema kemungkinan didampingi Gareth Bale, Rodrygo atau Isco. (amr)

Prakiraan pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquest, Rakitic, De Jong; Griezmann, Suarez, Messi

Real Madrid (4-3-2-1): Courtois; Carvajal, Ramos, Varane, Nacho; Casemiro, Valverde, Kroos; Rodrygo, Isco; Benzema, 

Head to head

KONTEN BERSPONSOR

Komentar