5G di Indonesia, Telkomsel Beberapa Kali Uji Coba

Kamis, 19 Desember 2019 20:26

Ilustrasi: 5G (TYNMagazine)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Woro-woro soal 5G di Indonesia memecut ambisi Telkomsel untuk jadi provider pertama yang menggelar 5G di Tanah Air. Operator seluler (Opsel) pelat merah itu diketahui telah beberapa kali menggelar uji coba 5G dalam berbagai use case mulai dari level konsumen hingga segmen Business to Business (B2B) dalam hal ini Industri.

Untuk dapat menggelar 5G, General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel Christian Guna Gustiana menyebut bahwa secara worlwide, spektrum yang direkomendasikan untuk 5G baiknya berada di 3,5 GHz dan 2,6 GHz.

Sebelumnya, saat menggelar uji coba 5G di Batam, Kepulauan Riau belum lama ini, Telkomsel menggunakan spektrum 28 GHz yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Sayangnya di Indonesia 3,5 GHz dipakai oleh operator satelit 2,6 GHz masih dimiliki oleh MNC Group. Maka dari itu kita sedang ingin berkolaborasi dengan Kemenkominfo dan pihak operator satelit terkait,” ujarnya.

Kandidat spektrum 5G di Indonesia sebelumnya juga pernah dibeberkan oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo Ismail. Ismail mengatakan, pemerintah telah memiliki kandidat utama frekuensi untuk 5G, yakni frekuensi 26 GHz.

Bagikan berita ini:
6
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar