Eksekusi Gudang Dalam Kota, Apa Kabar SK Wali Kota Makassar?


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Eksekusi gudang dalam kota tak pernah berubah. Tiba-tiba panas dan menggebu-gebu. Lalu hilang. Mencurigakan.

Kabag Penindakan Dinas Perdagangan Kota Makassar, Syahruddin berdalih rencana menindak 15 gudang masih menunggu surat keputusan (SK) Wali Kota Makassar. Alasan serupa yang dilontarkan beberapa bulan lalu.

Kata Syahruddin, berkas penindakan gudang dalam kota sudah diserahkan ke Bagian Hukum Pemkot Makassar. Tinggal menunggu wali kota memberi izin melalui SK. Tidak jelas seperti apa kabarnya.

“Ada 15 gudang lagi yang mau kita tindaki. Masih di Kecamatan Tallo. Kalau sudah ditandatangani Pak Wali Kota, langsung kita tindaki lagi,” ujar Syahruddin, Rabu, 17 Desember.

Dia menuturkan, 15 gudang itu sudah diberi surat peringatan (SP) ketiga. Namun karena tak diindahkan, maka Dinas Perdagangan mengusulkan penyegelan untuk gudang-gudang nakal tersebut.

“Kita sudah masukkan berkasnya dua pekan lalu. Mungkin sementara dipelajari. Kita sisa menunggu saja karena untuk penindakan akan diserahkan ke Satpol PP,” bebernya.

Penindakan dengan penyegelan gudang tak pernah efektif. Sejak beberapa tahun lalu, setiap kali penyegelan, pemkot dipermainkan. Tim penindakan belum juga pergi, segel sudahb dicabut dan gudang tetap beraktivitas.

Terkait tiga gudang yang sudah disegel sebelumnya, Syahruddin mengaku menyerahkannya ke Satpol PP. “Jika ada lagi kegiatan tambahan, itu urusan Satpol. Mungkin tindakannya akan dibawa ke pengadilan. Itu ranahnya mereka,” jelasnya.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR