EXPO Riset KB-TKIT Nurul Fikri Makassar Ajak Murid Berpikir Tingkat Tinggi

Kamis, 19 Desember 2019 08:50

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kegiatan EXPO Riset KB-TKIT Nurul Fikri Makassar berlangsung seru dan menyenangkan. Kegiatan digelar di halaman sekolah dengan menghadirkan berbagai macam jenis penelitian untuk dipresentasikan kepada para pengunjung, Kamis, (19/12/2019).

Murid yang berjumlah 114 hadir menyajikan hasil penelitian mereka sekaligus melakukan simulasi percobaan ketika para pengunjung datang ke stand mereka. Di antara pengunjung stand adalah murid sendiri, guru, dan bahkan orang tua murid juga turut hadir.

Salah satu murid, Tatiah dari kelas TK B1 menjelaskan dengan sangat baik proses percobaan yang diberi judul penelitian “Rainbow Milk”. Dengan sangat lancar. Percobaan itu dilakukan oleh Tatiah mewakili teman-teman kelasnya dengan menuangkan susu di atas piring lalu ditetesi dengan beberapa warna dari pewarna makanan. Tatiah kemudian mengaduknya dengan menggunakan cotton bud, akhirnya terjadi pencampuran warna seperti pelangi. “Kenapa pewarnanya saling tarik menarik dengan susu, karena susu mengandung lemak dan pewarna tidak dapat larut dalam lemak.” Terang Tatiah menjelaskan.

Selain Tatiah, Naya yang mewakili kelasnya dari kelas B3 juga dengan sangat baik mempresentasikan percobaannya yang berjudul “Reaksi Makanan dan Minuman Bersoda” . Menurut Naya, minuman bersoda itu tidak baik. “Nanti bisa merusak kesehatan.“ Jelas Naya saat stand-nya dikunjungi.

Selain judul di atas, judul lain yang juga dipresentasikan dari kelas lain adalah “Percobaan Telur Tenggelam, Melayang, dan Mengapung”, “Rainbow Flower”, Pengaruh Gravitasi terhadap Aliran Air”, “Percobaan Telur dalam Cuka”, dan “Walking Water”. Seluruh murid perwakilan kelas yang tampil di depan stand EXPO mereka masing-masing dengan sangat baik menjelaskan proses percobaan dan hasil percobaan yang mereka lakukan.

Komentar


VIDEO TERKINI