Pemkab PPU Beber Istana Negara Dibangun di Sepaku

FAJAR.CO.ID, PENAJAM -- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur, memutuskan akan membangun istana negara di Kecamatan Sepaku. Sebelumnya Sepaku telah ditetapkan Presiden Jokowi sebagai calon lokasi ibu kota baru Indonesia.

"Konstruksi awal titik nol di Istana Presiden bersamaan dengan masjid, kompleks pemerintahan, dan pendukung lainnya, seperti infrastruktur jalan," jelas Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang, Kamis 19 Desember.

Tahap pembangunan ibu kota negara, kata Nicko,

dijadwalkan akan dimulai konstruksinya pada tahun 2020 mendatang. Pada saat meninjau lokasi ibu kota negara di Kecamatan Sepaku pada Oktober 2019, menurut Nicko Herlambang, Bambang Brojonegoro yang saat itu masih menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan bahwa titik nol lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru tidak jauh dari Menara Sudharmono.

Menara pemantau setinggi kurang 20 meter tersebut berada dalam kawasan PT ITCI Hutani Manunggal milik Sukanto Tanoto di wilayah Kelurahan Pamaluan, Kecamatan Sepaku. Sebagai persiapan pembangunan ibu kota negara di titik nol itu, kata Nicko, Pemkab Penajam Paser Utara dan Kementerian PPN/Bappenas akan melakukan kajian sosial ekonomi di Kecamatan Sepaku.

"Pekan depan akan ada pertemuan dengan Kementerian PPN/Bappenas yang dipimpin Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai persiapan tahap pembangunan ibu kota negara," ungkapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...