Expo Riset, Murid SMAIT Nurul Fikri Makassar Kenalkan Aplikasi OWL System

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kegiatan Expo Riset SMAIT Nurul Fikri Makassar yang digelar di aula sekolah Rabu (18/12/2019), mengundang perhatian. Utamanya, salah satu penelitian yang berjudul “NFRS (Nurul Fikri Reading System) dan OWL (On Way Library) System dalam Peningkatan Peran Perpustakaan bagi Generasi Milenial di Zaman Digitalisasi.”

NFRS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menguji sejauh mana pemahaman murid dan guru terhadap isi buku yang dibaca. NFRS adalah program kerja sekolah yang mendukung program literasi digital dan literasi membaca. Sedangkan OWL adalah aplikasi yang mewadahi orang-orang agar lebih mudah mendapatkan informasi mengenai judul buku yang ingin dibaca. Juga merekomendasikan orang-orang tentang tempat di mana buku yang ingin dibaca dapat diperoleh.

Andaliani Yuniar Semi, salah satu murid dalam kelompok KTI yang mengusung judul tersebut berharap dengan adanya sistem dan aplikasi itu mampu meningkatkan minat baca terlebih jika orang-orang gemar mengunjungi perpustakaan. Baik perpustakaan sekolah maupun perpustakaan kota atau wilayah.

Ustadz Ishafiuddin, selaku guru pembimbing dalam KTI mereka mengaku sangat bangga dan berharap mereka bisa lebih mengembangkan inovasi mereka terlebih dalam hal IT.

“Mereka adalah generasi milenial yang hidup di zaman milenial. Jadi, mereka harus mengikuti zaman dengan ikut berkembang dan terus menghasilkan hal-hal yang baru. Salah satunya adalah dengan melakukan penelian yang inovatif,” paparnya, menjelaskan.

Selain judul penelitian di atas, masih banyak lagi judul penelitian yang dihadirkan oleh murid yang lain. Rencananya, kegiatan EXPO Riset Akbar akan digelar pada Februari 2020 mendatang sebagai rangkaian kegiatan Milad ke-10 Tahun SIT Nurul Makassar. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...