Infografis

Trump Dimakzulkan, RI Diuntungkan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemakzulan Donald Trump bisa membawa kebaikan bagi Indonesia. Namun, tahapannya belum usai.

SELAMA ini Presiden Ke-45 Amerika Serikat (AS) itu kerap mengeluarkan kebijakan kontroversial. Terutama untuk negara muslim. Dia sosok yang kerap memunculkan kebencian global.

Pengamat hubungan internasional Universitas Fajar (Unifa), Andi Meganingratna menyebut, Amerika Serikat merupakan negara hegemon. Ketika terjadi sesuatu di sana, akan membawa pengaruh ke seluruh dunia.

“Kalau jadi dimakzulkan, itu akan memberi dampak bagi konstelasi politik. Minimal, bagaimana peranan Amerika selanjutnya. Karena Trump memang presiden yang agak ekstraordiner,” terang Meganingratna kepada FAJAR, Kamis, 19 Desember.

Jika Trump lengser dari kursi presiden, maka konstelasi dunia politik internasional jauh lebih baik, termasuk untuk Indonesia. Lantaran, power Amerika Serikat tak lagi seperti dulu. Sudah ada Tiongkok yang menunjukkan power.

“Dampaknya untuk Indonesia pasti ada. Karena kebijakannya Trump sekarang pasti berpengaruh buat hubungan bilateralnya dengan negara-negara lain,” nilainya.

Hanya saja, perjalanan pemakzulan belum usai. “DPR sudah memakzulkan. Di DPR itu kan banyak dari Demokrat. Cuma masalahnya di Senat itu sebaliknya. Jadi kemungkinan besar Trump bisa tetap menjabat,” ungkap Ketua Prodi Hubungan Internasional Unifa itu.

Mega, sapaannya menambahkan, meski kisruh politik ini tak berdampak besar, hubungan Amerika Serikat dan Indonesia mesti tetap berlanjut. Di masa depan, kedua negara ini bisa saling menopang.

Komentar