BI Proyeksi 2020 Ekonomi Sulsel Tumbuh hingga 7,6 Persen

Sabtu, 21 Desember 2019 11:16

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulsel memproyeksikan ekonomi Sulsel 2020 akan lebih baik dari 2019. BI perkirakan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7,6 persen.

Proyeksi ini jelas mengembirakan di tengah kondisi nasional dan global yang relatif melemah. Tetapi ekonomi Sulsel masih tetap bertumbuh dengan baik, bahkan diprediksi tumbuh dari tahun ini yang hanya 7,0 persen sampai 7,4 persen saja.

Direktur Bank Indonesia, Endang Kurnia Saputra menyebut ekonomi Sulsel akan tumbuh di kisaran 7,2 hingga 7,6 persen (yoy). Proyeksi ini dilihat dari pelbagai faktor pendorong.

Di antaranya adalah komoditas ekspor Sulsel tidak terdampak gejolak global dan peningkatan konsumsi rumah tangga. Kemudian berlanjutnya stimulus fiskal pemerintah pada peningkatan infrastruktur di luar daerah, serta berlangsungnya beberapa proyek infrastruktur pemerintah yang ikut mendorong lapangan usaha konstruksi.

“Kemudian peningkatan produksi pertanian. Kemudian mulainya pelarangan ekspor nikel dinilai akan menaikkan harga nikel,” katanya di Focus Group Discussion (FGD) Outlook Sulsel 2020 di Ruang Baruga Pattingaloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu, (21/12/1). (mum)

Komentar


VIDEO TERKINI