Pelatihan Wikipedia yang Pertama Kali untuk Guru di Sulsel

Sabtu, 21 Desember 2019 19:27

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bertempat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Wikimedia Indonesia bersama Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) bekerja sama mengadakan pelatihan bagi guru-guru dari wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa dan widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Makassar.

Pelatihan kali ini terwujud atas inisiasi Irman Yasin Limpo dan didukung penuh oleh Unifah Rosyidi, Ketua Umum PB PGRI, serta merupakan kali kedua acara tersebut dilaksanakan, setelah sebelumnya acara serupa sukses diadakan di Jakarta pada Februari 2019.

Sebelum acara pelatihan dimulai, Wikimedia Indonesia juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Sulawesi Selatan beserta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar (FKIP Unismuh). Nota Kesepahaman tersebut mencakup kerja sama dalam bidang pengembangan dan penguatan sumber daya manusia melalui pelatihan penulisan serta pelaksanaan kegiatan bersama yang mendukung penyebaran pengetahuan bebas akses untuk masyarakat umum.

Pada pelatihan kali ini, sebanyak 30 peserta yang berasal dari guru-guru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga Kementerian Agama yang tersebar dari dua wilayah yaitu Kota Makassar dan Kabupaten Gowa serta widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Makassar terpilih untuk mengikuti kegiatan pelatihan tentang Wikipedia.

Selama tiga hari dari tanggal 16-18 Desember 2019, para peserta dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara Wikipedia bekerja, mengolah sumber rujukan menjadi tulisan yang enak dibaca, literasi digital, serta kemampuan dalam bidang pencarian data dan mengenal hoaks.

Komentar