Preview Manchester City vs Leicester: Tugas Tintin

Sabtu, 21 Desember 2019 13:22

Kevin de Bryune mencetak dua gol Manchester City ke gawang Arsenal, pekan lalu/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City boleh berharap banyak pada Kevin de Bruyne saat mereka menjamu Leicester City, dinihari nanti. Tugas sebagai “pembunuh” musuh sejauh ini bisa diemban pemain berjuluk Tintin itu.

PLAYMAKER Belgia itu menjadi sosok paling menakutkan dalam skuat Pep Guardiola musim ini. Statistik Whoschored memperlihatkan pemain berusia 28 tahun itu adalah penampil terbaik The Citizens.

Tak hanya rating, ia juga menjadi pemberi assist utama sang juara bertahan. Dalam 16 pertandingan yang sudah ia mainkan, pemain berpostur 181 cm itu tercatat sudah memberi sembilan assist.

Peran baru sebagai penyerang juga berhasil ia jalankan dengan baik. Saat dimainkan mendampingi Gabriel Jesus dan Raheem Sterling di markas Arsenal, Tintin mencetak dua dari tiga gol kemenangan timnya.

Tambahan dua gol itu menasbihkan mantan pemain Chelsea itu sebagai pemain tersubur ketiga di skuat City dengan enam gol. Hanya Sergio Aguero dan Sterling dengan sembilan gol yang mampu mengungguli ketajamannya.

Mengingat pentingnya laga kontra Leicester, peran vital Tintin jelas kembali dibutuhkan. Tidak hanya mengkreasi peluang, ia juga diharapkan bisa kembali menunjukkan insting golnya. Apalagi, Leicester musim ini terkenal sangat kuat dalam bertahan.

Manajer City, Pep Guardiola sendiri menegaskan, mereka kini tidak boleh lagi kehilangan poin. Khususnya di pertandingan kandang. “Beberapa tahun terakhir kami sangat konsisten di kandang dan saat away, tetapi kali ini kami telah kehilangan poin,” kata Pep di The Guardian.

Karena itu, Pep meminta anak asuhnya menjaga fokus. Menurutnya, mereka saat ini harus berkonsentrasi mengejar Leicester yang ada di peringkat kedua sebelum berpikir soal Liverpool. “Saya harus memikirkan Leicester sebelum Liverpool. Tidak ada satu pun pikiran di benak saya tentang Liverpool,” tegasnya.

Senada dilontarkan gelandang Manchester City, Fernandinho. City saat ini berjarak empat angka di belakang Leicester dan 14 poin dari Liverpool. Dan Fernandinho mengatakan bahwa timnya harus berkonsentrasi menyalip The Foxes sebelum memikirkan perburuan gelar.

“Sudah sangat sulit, sangat sulit bagi kami. Tidak ada dalam pikiran saya tentang Liverpool. Itu jauh. Pertama, kita harus memikirkan Leicester (tempat kedua),” ujar pemain asal Brasil itu dikutip Goal.

Konsentrasi ekstra memang dibutuhkan City. Pasalnya, anak asuh Brendan Rodgers kini sudah tak terkalahkan dalam beberapa laga dan memenangi empat pertandingan tandang terakhir mereka.

Selain itu, Leicester belakangan ini selalu merepotkan The Citizens. Musim lalu, mereka nyaris menggagalkan City mempertahankan gelar saat berkunjung ke Etihad. Pasukan Pep membutuhkan gol kapten, Vincent Kompany di menit akhir untuk memastikan kemenangan 1-0.

Rodgers juga sepertinya sudah berani kembali bicara gelar setelah bertahan di posisi runner up Premier League dan lolos ke semifinal Carabao Cup. “Semua orang tentu ingin memenangkan trofi. Kami harus bertarung. Kami hanya harus berjuang dan bekerja sangat keras,” kata Rodgers di Sport24.

Sergio Aguero sudah kembali berlatih awal minggu ini tetapi Pep sepertinya masih akan memilij Jesus sebagai starter. Mengingat Bernardo Silva dan Riyad Mahrez tidak dalam kondisi terbaik, De Bruyne diprediksi kembali bermain dalam peran lebih menyerang dan Phil Foden akan mengisi lini tengah. Rodgers sementara itu tanpa masalah pemain dan bisa kembali ke formasi 4-5-1 dengan Vardy tetap bombernya. (amr)

Prakiraan Pemain

Komentar