Infografis

Gubernur Usul Tol Makassar-Bantaeng

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -— Pertumbuhan daerah meniscayakan perlunya akses cepat dari dan ke 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Saatnya ada jalan tol ke daerah.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ingin mewujudkan pembangunan tol yang mengkoneksikan setiap daerah. Tahap awal adalah tol Makassar-Bantaeng.

Nurdin memaparkan rencana tersebut, saat berada di Jakarta, Minggu, 22 Desember. Dia diam-dian sudah melobi Nusantara Infrastruktur untuk mulai mengkaji kebutuhan biaya dan persiapan atas proyek tersebut.

Di Jawa dan Sumatera, kata dia, pembangunan tol sudah menghubungkan setiap kabupaten atau kota hingga provinsi. Sulsel juga harus maju dari segi infrastruktur tol. Tak hanya terpusat di Makassar saja.

“Dampaknya sangat besar. Industri akan berkembang. Konektivitas setiap wilayah pun akan terlihat. Peluang masuknya investasi juga tentu lebih menjanjikan,” bebernya kepada FAJAR, saat ditemui di Jalan MH Thamrin Jakarta, kemarin.

Tahap awal, dia ingin akses tol Makassar-Bantaeng. Pasalnya, akses itu merupakan wilayah Industri. Banyak pengembangan industri di masa depan yang terpusat di Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.

Akses pun lebih singkat. Jarak Makassar Bantaeng saat ini sepanjang 120 kilometer. Jika dengan tol yang akan diposisikan di area pesisir, maka jaraknya lebih singkat ketimbang yang ada saat ini.

Nurdin akan mencoba memanfaatkan dana menganggur tak terpakai di beberapa negaa pusat investasi. Nantinya Nusantara Infrastruktur yang mengerjakannya, dengan menggunakan dana-dana investasi dari berbagai negara.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR