Truk Pengangkut Semen Diduga Penyebab Jembatan Pangkajene Bergeser


FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Ruas jembatan Sungai Pangkajene bergeser sekitar tujuh hingga sepuluh sentimeter, pembatasan beban kendaraan pun bakal dilakukan.

PPK Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar untuk wilayah Pangkep, Laetemia Leonardo mengatakan, ruas jembatan yang bergeser itu sekitar 7-10 cm, pada ruas jembatan sebelah kiri arah utara ke selatan, jembatan ini tiap harinya dilalui ribuan kendaraan, termasuk truk pengangkut material tambang.

“Sejauh ini tetap aman dilewati, penyebabnya kemungkinan overload beban kendaraan yang melintas, jembatan timbang harus difungsikan maksimal, apalagi di Pangkep ini yang melintas kendaraan berat memuat semen dan material bahan bangunan,” bebernya.

Lanjut disampaikan, untuk beban jembatan sendiri, jembatan sungai pangkajene hanya memuat kapasitas kendaraan 35 ton, namun kendaraan yang melintas diperkirakan ada yang mencapai 50 ton. “Harus ada instansi lain terlibat, kendaraan berat yang melintas itu dibatasi,” tambahnya. (fit/fajar)

Petugas dari BBPJN XIII Makassar mengukur ruas jembatan yang bergeser di Jembatan Sungai Pangkajene, Senin, 23 Desember.

(FOTO:SAKINAH/FAJAR)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR